Horee..! Jelang Lebaran, PNS Majalengka Banjir Tunjangan

Majalengka – Para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Majalengka, Jawa Baratindex bakal mendapatkan empat kali tunjangan menjelang Lebaran tahun ini.

Berbagai tunjangan yang akan di berikan pada Juni 2016 ini, yakni gaji rutin bulanan, tunjangan daerah, dan gaji ke-13 serta 14. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka Ahmad Sodikin membenarkan jika para PNS di lingkungan Pemkab Majalengka bakal menerima empat tunjangan dari pemerintah.

Kalau gaji bulanan dan tunjangan daerah sudah di pastikan ada. Sedangkan gaji ke-13 dan ke-14 masih menunggu kepastian dari pemerintah, terutama peraturan pemerintah (PP) tentang juklak dan juknisnya yang hingga kini belum turun dari pemerintah, paparnya. Rabu (15/6/2016).

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Majalengka Edy Noor Sudjatmiko mengemukakan, Pemkab Majalengka sendiri sudah mengalokasikan anggaran untuk gaji ke-13 dan 14 pada APBD 2016.

Namun, gaji ke-13 dan 14 itu belum bisa dicairkan karena belum ada peraturan pemerintah (PP) yang mengatur pencairan tunjangan tersebut. Kalau besaran gaji ke-13 dan ke-14 seperti gaji bulanan biasa para PNS sesuai dengan golongannya.

Untuk total anggarannya Rp 62.737.128.000 yang diperuntukan bagi 13.447 orang PNS se-Kabupaten Majalengka, sebutnya. Dia mengimbau agar seluruh PNS tidak resah dan khawatir tunjangan itu tidak bisa diserap.

Pasalnya, pencairannya tinggal menunggu PP dari pemerintah. Kan sudah dianggarkan, jadi pasti cair. Tinggal menunggu waktunya saja, ucapnya. Menurut dia, dalam PP itu akan diatur mengenai petunjuk teknis komposisi struktur gaji pegawai dalam gaji ke-13 dan gaji ke-14.

Nantinya, di PP itu apakah gaji pokoknya saja atau ditambah tunjangan umum di luar penghasilan tambahan, seperti tunjangan rumah tangga dan lainnya, terangnya.

Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya, untuk gaji ke-13 tidak ada potongan apapun, sehingga dana tersebut murni diberikan kepada PNS secara utuh, meski PNS bersangkutan memiliki banyak tunggakan.

Saya juga belum tahu apakah ada potongan atau tidak. Tapi saya harap tidak ada, sebab kebutuhan Lebaran ini sangat tinggi, ujarnya. Salah seorang PNS Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Majalengka Piping Saripudin mengaku bersyukur bila empat tunjangan itu segera bisa diserap para PNS.

Sebab, dirinya sangat membutuhkan tunjangan itu untuk keperluan keluarga menjelang Lebaran. Kan PNS itu mayoritas gajinya tidak utuh karena sudah pinjam ke bank. Sehingga tunjangan itu akan membantu kesejahteraan PNS yang masih banyak kekurangan, tuturnya.[red/oke].

 

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *