Ini 4 Tips Sukses Kelola Uang Saat Kondisi Ekonomi Memburuk

Ini 4 Tips Sukses Kelola Uang Saat Kondisi Ekonomi Memburuk

Harianekonomi.com Tips sukses kelola uang saat kondisi ekonomi memburuk. Berbicara mengenai keuangan tidak semua orang paham bagaimana cara mengelola keuangan mereka, berpenghasilan 5 juta per bulan belum tentu memberikan jaminan hidup bahagia ketika anda belum benar-benar bisa mengontrol kondisi keuangan anda dengan cukup baik, kebanyakan dari mereka jauh lebih suka hidup dengan berfoya-foya dan bergantung dengan uang dibulan berikutnya, walaupun untuk saat ini anda benar-benar belum bisa mengelola keuangan dengan cukup baik.

Artikel berikut ini akan sedikit memberikan gambaran kepada anda seperti apa cara mengelola keuangan ketika kondisi ekonomi sedang memburuk. Arti kata memburuk yang kami maksudkan adalah memburuk dalam soal kebutuhan pokok, tidak semua keluarga akan menyadari kemana uang dialokasikan. Mereka hanya akan menyadari bahwa saat ini kondisi keuangan mereka sedang memburuk, padahal bila dilihat kembali pasti ada faktor penyebabnya. Beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ekonomi memburuk antara lain.

1.Faktor keuangan anak
2.Faktor tagihan listrik
3.Faktor tagihan kartu kredit
4.Dan sebagainya

Berikut tips sukses kelola keuangan ketika kondisi ekonomi sedang lesu

1. Buat skala prioritas pengeluaran

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat skala prioritas pengeluaran, anda harus paham kemana uang akan anda alokasikan, penting untuk dipahami oleh semua orang yang sudah berkeluarga, yaitu harus membuat skala prioritas untuk kebutuhan yang paling penting.

Belanjakan uang anda sesuai dengan kebutuhan yang hendak anda butuhkan bukan anda inginkan. Tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut, paling tidak anda harus mulai belajar dari saat ini. Bahwa kebutuhan paling penting harus selalu di dahulukan dan jangan pernah menundanya.

2. Cepat lunasi hutan dan gunakan tabungan yang tepat

Tips kedua adalah dengan cepat-cepat melunasi hutang anda sebelum semuanya terlanjur memburuk, hutang seperti halnya tagihan listrik atau kredit, semakin lama anda menunda untuk melunasinya maka semakin besar bunga yang akan anda dapatkan. Untuk itu bila anda mendapatkan penghasilan yang cukup, lekaslah lunasi semua hutang-hutang anda secepat mungkin. Kemudian pilihlah bentuk tabungan yang paling tepat untuk anda gunakan, yaitu tabungan tanpa bunga yang besar. Dari sini anda sudah bisa mengontrol dengan baik kondisi keuangan anda ketika ekonomi keluarga sedang lesu.

3. Mencoba tabungan dalam bentuk investasi

Cara lain yang paling efektif untuk mengalokasikan dana yaitu dengan membuat tabungan dalam bentuk investasi, investasi yang dimaksudkan disini adalah investasi berupa emas atau investasi barang lain yang nantinya mempunyai nilai jual yang tinggi. Cara ini juga patut untuk anda coba ketika ekonomi sedang lesu, invetasi adalah jalan terbaik sebelum anda memutuskan untuk menggunakan dana anda untuk kebutuhan lainnya.

@ Tirukan kebiasaan orang sukses

Terakhir bila anda ingin sukses dan tetap mempunyai dana simpanan ketika ekonomi sedang lesu, maka tirukan gaya hidup orang sukses, kebanyakan orang sukses paham seperti apa hidup sederhana dengan meminimalkan pengeluaran mereka, mereka tidak ingin menghambur-hamburkan uang bila hanya untuk hidup sehari-hari saja. Kebiasaan seperti ini akan membawa anda dalam hidup yang jauh lebih baik kedepannya.

Itulah beberapa tips kelola keuangan ketika ekonomi sedang memburuk, tips diatas adalah tips umum yang banyak digunakan oleh orang-orang, anda boleh mencobanya sesuai dengan keinginan anda. Terimakasih sudah berkunjung, semoga tips diatas bisa memberikan anda manfaat yang baik.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *