Merdeka ! Sudahkah anda Merdeka Finansial ? Berikut Tandanya

Merdeka ! Sudahkah anda Merdeka Finansial ? Berikut Tandanya

Harianekonomi.com Sudahkah anda merdeka finansial ?. Tanggal 17 Agustus 2017 lalu kita sebagai warna negara Indonesia harus bangga bahwa di tanggal tersebut Indonesia sudah bebas dari penjajahan bangsa. Kita juga harus patut bersyukur bisa hidup dizaman yang sudah merdeka, namun tidak semua orang bisa merayakan kemerdekaan dengan penuh kesenangan, faktornya penyebabnya adalah belum merdeka secara finansial, untuk kehidupan bisa dikatakan sudah merdeka, tetapi untuk soal keuangan belum bisa dikatakan merdeka.

Sebenarnya apa sih penyebab kita tidak bisa merdeka secara finansial ? Banyak faktor yang menyebabkan kita tidak bisa merdeka secara finansial, beberapa faktor diantaranya jelas kurang mengontrol keuangan keluarga secara bijak, mengalokasikan uang dalam bentuk yang kurang menjanjikan dan tidak mempunyai simpanan tabungan. Lantas bagi mereka yang sudah merdeka secara finansial bisa dilihat dari mananya ? Berikut tandanya untuk anda yang sudah merdeka secara finansial.

@ Memiiki ragam asuransi bagi kehidupan

Orang yang sudah merdeka secara finansial tandanya bisa dilihat dari kehidupan mereka, asuransi kesehatan, jiwa hingga barang-barang berharga sudah dilengkapi. Dari sini mereka sudah jelas merdeka secara finansial, keuangan mereka sudah terjamina dengan baik.

@ Siap memasuki masa pensiun dengan dana pensiun

Yang kedua adalah siap memasuki masa pensiun dengan dana yang sudah terkumpul sejak lama, tanda orang yang sudah merdeka secara finansial jelas dimasa pensiun mereka sudah tidak memiliki beban berupa hutang dan pinjaman lain-lain. Mereka sudah siap untuk hidup dimasa pensiun dengan dana pensiun yang mereka kumpulkan sejak lama. Perlu anda ketahui bahwa orang yang bisa tenang hidup dimasa pensiun adalah orang yang sama sekali tidak terbelit hutang dalam kehidupannya. Lebih baik sebelum terlambat, lekas lunasi semua hutang-hutang anda agar tidak terbawa hingga and tua nantinya.

@ Tidak cemas dihari esok

Orang yang sudah merdeka secara finansial juga terlihat dari cara mereka mengalokasikan dana ke dalam bentuk yang jauh lebih menguntungkan, mereka tidak pernah cemas untuk menggunakan dana mereka dalam soal investasi, karena jelas perhitungan mereka akan tepat dimana ketika mereka pensiun nantinya, dana yang sudah di investasikan hanya tinggal menuai hasilnya. Ini penting agar bisa menjadi pedoman bagi setiap orang, tidak semua orang yang berpenghasilan besar akan lebih makmur dibandingkan dengan orang yang hanya mempunyai penghasilan rata-rata saja.

@ Anak siap menyambut pendidikan yang lebih tinggi

Tanda terakhir dari orang yang sudah merdeka finansial adalah anak mereka siap menyambut masa depan dengan pendidikan yang jauh lebih tinggi, sebagai orang tua tentu akan berjuang dengan keras agar anak mereka bisa menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Jika anda sudah merdeka secara finansial, untuk membiayai pendidikan anak akan jauh lebih mudah.

Itulah beberapa tanda jika anda sudah benar-benar merdeka secara finansial, tidak semua orang benar-benar bisa merdeka secara finansial dikehidupan ini, hanya orang-orang yang bisa mengalokasikan keuangan mereka secara benar saja yang bisa hidup merdeka. Mulailah saat ini juga untuk bisa hidup secara merdeka, caranya sangatlah sederhana. Pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menabung, investasi dan prioritaskan kebutuhan yang paling penting.

Bila ketika tips ini anda pelajari dan lakukan maka di hari esok anda sudah pasti merdeka secara finansial, memang sulit untuk melakukannya tanpa di dasari keyakinan dan semangat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *