Survei BI : Optimisme Konsumen Juli 2016 Meningkat

imagesJakarta – Bank Indonesia (BI) optimistis konsumen pada Juli 2016 meningkat dari bulan sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari indeks keyakinan konsumen (IKK) Juli 2016 yang tercatat sebesar 114,2 lebih tinggi dari 113,7.

“Dari indeks ekspektasi harga (IEH) Januari 2017 yang turun dari 162,1 menjadi 155,2. Sementara tekanan kenaikan harga pada Oktober 2016 juga diperkirakan mengalami perlambatan dibandingkan bulan sebelumnya, ” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara di Jakarta kemarin.

Perlambatan tekanan kenaikan harga diprediksi terjadi pada semua kelompok komoditas dengan penurunan indeks terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau. Menurut Tirta, peningkatan optimisme konsumen didorong oleh kenaikan indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) menjadi 101,2.

Sementara itu, kondisi ekonomi saat ini menurut persepsi konsumsi lebih baik dari bulan sebelumnya, kata Tirta. Peningkatan IKE Juli 2016 didorong oleh kenaikan indeks penghasilan saat ini dan indeks ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. Di sisi lain, indeks ketersediaan lapangan kerja pada Juli 2016 menurun dari sebelumnya. Tirta mengungkapkan, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Januari 2017 masih tinggi meski sedikit melemah dari bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari indeks ekspektasi konsumen (IEK) Juli 2016 sebesar 127,1. Melemahnya IEK Juli disebabkan oleh penurunan optimisme konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja, katanya. Meski begitu, lanjut Tirta, indeks ekspektasi penghasilan dan kegiatan usaha Januari 2017 diprediksi akan meningkat.[oke]

 

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *