• Indonesia
3 Alasan Bisnis Ikan Cupang Banyak Diminati Banyak Orang
Peluang Usaha

3 Alasan Bisnis Ikan Cupang Banyak Diminati Banyak Orang

Bisnis saat ini menjadi satu hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan, ada banyak sekali jenis bisnis yang dilakukan, salah satunya adalah bisnis ikan cupang. Apa yang menarik dari bisnis tersebut sehingga saat ini begitu trend di kalangan masyarakat?

Akhir – akhir ini trend bisnis ikan cupang memang merebak di masyarakat. Banyak masyarakat yang hobi mengoleksi ikan cupang, dimana ada beberapa jenis ikan cupang yang dihargai dengan sangat mahal. Bahkan sampai puluhan juta rupiah. Sehingga tak heran jika bisnis ini banyak diminati karena memberikan keuntungan yang cukup besar.

Ada beberapa alasan yang membuat sebagian besar orang tertarik untuk mencoba bisnis ini. Apa saja? Inilah beberapa di antaranya:

Modal Awal Bisnis Ikan Cupang Tidak Besar

Jika bicara tentang peluang bisnis, tentu saja Anda setuju jika salah satu hal yang wajib dipikirkan adalah modal. Salah satunya adalah Anda harus tahu apakah pemilihan bisnis tersebut membutuhkan modal yang besar atau tidak. Banyak yang beranggapan jika berbisnis ikan cupang membutuhkan modal yang besar. Namun, Anda salah besar.

Menjalankan bisnis tersebut sebenarnya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, paling tidak Anda membutuhkan modal sekitar 5 juta rupiah untuk ikan cupang yang mana pernah diekspor melalui BKIPM.

Bisa dibilang jika bisnis ikan ini membutuhkan modal yang paling kecil dibandingkan dengan ikan jenis lain yang mencapai puluhan juta.

Memberikan Keuntungan Cukup Besar

Setiap orang yang menjalankan bisnis tentu saja menginginkan modal kecil namun keuntungan besar. Dan untuk bisnis ikan cupang ini membutuhkan modal yang relatif sedikit namun memberikan keuntungan yang cukup besar. Hal tersebut karena kondisi pasar yang mana menilai jika ikan cupang tersebut sebagai bahan yang penting.

Terlebih saat ini minat dari ekspor ikan cupang mencapai pasar Asia, misalnya Singapura, Tiongkok, Thailand, Malaysia, Filipina dan juga Vietnam. Masing – masing Negara juga memasang harga beli yang mencapai 1 juta untuk minimal pembelian 10 ekor. Cukup menguntungkan bukan?

Pemeliharaan Cukup Mudah

Tidak dapat dipungkiri jika memilih bisnis satu ini membutuhkan kemampuan dan perhatian khusus agar Anda bisa memeliharanya dengan baik. Mulai dari habitatnya, kemudian konsumsi makanan sampai proses pengembangbiakkan yang harus bisa berjalan secara tepat.

Jika Anda melewatkan masing – masing detail tersebut, kesalahan kecil saja bisa menimbulkan kerugian. Misalnya jika ikan – ikan tersebut sakit, kemudian tidak tumbuh dengan kualitas yang baik sampai yang paling merugikan adalah mati.

Memelihara ikan cupang sendiri sebenarnya tidak membutuhkan usaha yang besar. Karena ternak ikan cupang sendiri tidak butuh lahan yang luas, terutama untuk proses pengembangbiakkannya. Bahkan, Anda bisa menggunakan akuarium atau toples.

Pemasaran Budidaya Ikan Cupang

Untuk bisa memahami sisi positif suatu peluang bisnis tersebut memang harus disertai kemampuan untuk bisa mengaplikasikan pemasarannya. Begitupun dengan budidaya ikan cupang yang harus bisa memperhatikan lokasi berjualan serta karakter konsumennya.

Di dalam menjual ikan cupang tersebut, Anda bisa memasarkannya secara sederhana, misalnya menjual ikan cupang tersebut ke pasar ataupun pecinta ikan cupang. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan menjualnya ke pengepul ikan yang sering membelinya dengan jumlah banyak secara langsung.

Di dalam melakukan proses pemasaran tersebut, ada baiknya jika Anda tidak membatasi diri untuk memasarkan ke pasar lokal ataupun internasional. Terlebih untuk beberapa Negara Asia yang menunjukkan minat tinggi pada ikan cupang ini.

Demikian beberapa alasan mengapa bisnis ikan cupang perlu untuk Anda masukkan ke dalam daftar peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk Anda jalankan. Jadi, hanya dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

 

You can share this post!

Comments