• Indonesia
4 Pengeluaran Baru yang Harus Anda Siapkan Saat Bulan Ramadhan
Artikel

4 Pengeluaran Baru yang Harus Anda Siapkan Saat Bulan Ramadhan

Tentu tibanya bulan puasa atau Ramadhan memberikan perbedaan dalam pengelolaan uang selain pengelolaan waktu rutinitas yang memang bergeser dari biasanya. Anda yang sibuk mengatur keuangan, biasanya akan mengalami pembengkakan dalam pengeluaran saat bulan Ramadhan ini tidak seperti bulan-bulan biasanya. Ada beberapa pos pengeluaran yang hadir dan tidak ada saat bulan biasanya dan cukup membuat anda memutar otak agar semua pos ini bisa terisi dengan baik tanpa terjadi kejebolan saldo yang cukup berarti.

  1. Makanan

Pada hari-hari biasa, pos untuk makanan memang selalu ada dan menjadi pengeluaran yang cukup besar dari manajemen keuangan anda. Tapi saat bulan Ramadhan, kebutuhan makanan menjadi bertambah dan harganya pun ikut-ikutan naik. Diketahui bahwa konsumsi makanan selama bulan Ramadhan di masyarakat naik hingga 9,2% dan hal ini menyumbang inflasi sebesar 0,2% yang didasari dari Badan Pusat Statistik.

Memang saat bulan Ramadhan, anda tidak lagi makan 3 kali sehari tapi hanya dua kali yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Tapi anda akan menyiapkan makanan lebih dari biasanya karena yang disiapkan tidak hanya menu utama saja. Anda akan membeli kurma, hidangan buka puasa, dan makan utama yang lebih banyak karena menganggap ini adalah masa yang istimewa. Belum lagi aktifitas buka puasa di luar yang tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

  1. Asisten rumah tangga

Anda yang punya asisten rumah tangga tentu punya tanggung jawab untuk memberikan tunjangan hari raya dan juga ongkos untuk pulang kampung. Ini adalah biaya yang harus anda keluarkan sethaun sekali saat bulan ramadhan menjelang lebaran. Belum lagi asisten rumah tangga yang akan cuti beberapa waktu dan anda harus mencari penggantinya atau mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Anda bisa mencari jasa pengganti asisten rumah tangga karena anda pun sudah sibuk dengan persiapan lebaran dan aktifitas keagamaan yang sudah menyita waktu dan tenaga. Namun perlu dipahami mencari jasa pengganti asisten rumah tangga juga akan menguras biaya lagi karena biasanya dibayar perhari.

  1. Mudik

Hal yang paling dekat dengan susasan Ramadhan dan lebaran adalah kegiatan pulang kampung atau yang sering disebut dengan mudik. Kesempatan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman tentu saja butuh dana yang tidak sedikit dan tidak bisa dadakan. Anda mesti memperhitungkan biaya tiket transportasi, biaya jalan, hingga biaya hidup saat berada di kampung dengan kondisi libur kerja dan tidak ada pemasukan tambahan. Diperkirakan akan aka nada 12,4 juta unit kendaran yang digunaka untuk mudik lebaran 2018 nanti dan bisa jadi anda adalah salah satu pemudik tersebut. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, maka persiapan bahan bakar dan perawatan sebelum dan sesudah mudik harus juga dipersiapkan.

  1. Persiapan hari raya

Saat bulan ramadhan akan berakhir, maka konsentrasi anda akan terpecah pada persiapan lebaran. Hari raya yang di depan mata menanti untuk disiapkan demi kelancaran dan kenyamanan bersama. Anda mulai mempersiapkan aneka hidangan seperti kue kering, sirup, dan beraneka makanan lainnya untuk menyambut para tamu yang nantinya akan bersilaturahmi ke rumah anda. Belum lagi sandangan yang dibutuhkan agar terlihat lebih segar. Berbelanja pakaian baru tentu akan menguras kantong anda. Apalagi pasar dan pusat perbelanjaan juga terlihat menggiurkan dengan promo dan harga diskonnya. Jika anda tidak hati-hati maka anda akan terjerumus dalam berbelanja hal yang tidak penting.

Sumber: aturduit.com

You can share this post!

Comments