• Indonesia
4 Tips Transaksi Menggunakan Online Banking
Keuangan

4 Tips Transaksi Menggunakan Online Banking

Saat ini aktifitas perbankan sudah sangat mudah berkat kecanggihan teknologi dan juga kemajuann koneksi internet. Fitur online banking sudah ada di semua bank dan memberikan performa yang baik sehingga nasabah semakin lancar dan nyaman dalam bertransaksi. Namun tentu saja cepatnya perubahan transaksi bank menjadi online ini belum bisa dikejar oleh seluruh nasabah sehingga masih banyak fitur yang belum bisa dimaksimalkan karena kurangnya informasi. Padahal jika digunakan secara maksimal, fitur-fitur pada online banking ini akan sangat membantu anda dalam proses transaksi sehari-hari. Berikut ini ada 4 tips untuk membantu anda bertransaksi dengan online banking agar fitur yang disediakan bisa lebih optimal.

  1. Tautan antar rekening

Jika anda memiliki beberapa rekening di bank yang berbeda-beda, tentu akan sangat menyita waktu ketika harus melakukan transaksi online antar bank. Tapi ini bisa disiasati karena bank sudah memberikan kemudahan dalam menautkan rekening-rekening anda ke dalam satu akun online banking. Dengan adanya tautan ini, transaksi antar bank bisa lebih mudah karena anda memiliki satu akun utama yang menyatukan beberapa akun perbankan yang anda punya. Jadi hanya dengan masuk ke sebuah akun, anda sudah dengan mudah melakukan transaksi dengan beberapa akun online banking yang anda punya. Waktu anda akan lebih efektif ketimbang membuka satu persatu akun rekening hanya untuk melakukan aktifitas perbangkan yang sederhana. Anda bisa melakukan transfer internal untuk beberapa akun yang anda kelola sehingga bisa langsung diatur tanpa bolak-balik keluar dari akun tersebut.

  1. Pelunasan tagihan online

Anda bisa melakukan pembayaran tagihan secara online karena setiap bank saat ini punya faslitas online banking yang memungkinkan hal ini. Justru dengan adanya fasilitas ini di dalam online banking, anda lebih mudah untuk mendata transaksi dan utang-utang anda sehingga bisa lebih mudah diadut secara pribadi. Akun online banking juga akan ikut memberikan data-data valid tentang utang anda dan mengetahui mana yang sudah dibayarkan dan mana yang belum. Ditambah lagi terdapat pengingat agar anda selalu membayar utang rutin secara tepat waktu sehingga tidak ada lagi tunggakan dan denda yang akan anda bayarkan.

  1. Mengelola laporan keuangan

Data-data dari setiap transaksi yang anda lakkan melalui online banking tentu saja akan membantu anda membuat laporan keuangan dan memantau bagaimana aliran uang anda terlihat secara transparan. Informasi transaksi akan bisa terlihat dengan baik melalui online banking ini. Dengan kemudahaan ini tentu anda tidak perlu repot lagi mencatat ulang transaksi apa saja yang anda lakukan selama satu bulan ini atau bahkan satu tahun ini karena semuanya sudah bisa dilihat dalam laporan online banking anda. Dengan laporan berbentuk online ini, anda bisa menyimpannya dalam format digital sehingga tidak akan takut hilang seperti buku fisik yang ada di meja kerja anda. Format digital akan membuat anda lebih leluasa memindahkannya, menggandakannya, atau memanggilnya kapan pun dimanapun lewat gadget.

  1. Fitur alat bantu gratis

Tentu fitur online banking yang cukup berkembang ini bisa memudahkan anda dalam mengelola akun anda sebaik mungkin karena ada fasilitas untuk mengkelompokkan berbagai transaksi yang anda lakukan sehingga lebih mudah memantaunya. Misalnya anda bisa mencari tahu transaksi pembayaran kartu kredit yang selama ini anda bayarkan, atau pembayaran bahan makanan dalam satu kelompok daftar tersendiri. Anda akan punya fitur gratis yang diberikan seperti pembuatan grafi dan spreadsheet sesuai dengan kategori yang anda pilih. Ini akan memberikan informasi yang lebih rinci bagi anda yang ingin mengetahui transaksi apa saja yang anda lakukan dalam kelompok aktifitas online banking yang rutin anda lakukan setiap bulan atau bahkan setiap tahunnya.

You can share this post!

Comments