• Indonesia
5 Bentuk Investasi Pilihan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Investasi

5 Bentuk Investasi Pilihan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Salah satu cara untuk mempertahankan aset dan kekayaan yang Anda miliki adalah dengan berinvestasi. Melalui investasi Anda akan mendapatkan keuntungan, meskipun ada juga resikonya. Untuk itulah Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan investasi di beberapa lini agar resiko dapat dibagi. Dengan memilih beberapa instrumen investasi yang ada, Anda pun bisa memiliki perbandingan kira-kira investasi mana yang cocok dengan kebutuhan Anda sehingga jika memiliki uang lagi di kemudain hari, Anda bisa langsung tahu investasi mana yang sekiranya akan Anda pilih.

Berikut ini adalah 5 jenis investasi dan beberapa kelebihan serta kekurangannya yang bisa Anda jadikan patokan dalam berinvestasi.

 

  • Tabungan

 

Tabungan merupakan bentuk simpanan dana yang bisa dilakukan di bank atau lembaga keuangan lainnya. Kelebihan dari investasi tabungan adalah bisa diambil kapan saja dan resikonya kecil. Selain itu Anda juga akan mendapatkan pendapatan berupa bunga atau bagi hasil dengan jumlah tertentu. Sedangkan kekurangannya adalah dibandingkan dengan biaya administrasinya, bunga bank sangatlah kecil. Jumlah tabungan pun bisa berkurang banyak jika Anda kerap mengambilnya untuk berbagai keperluan.

 

  • Deposito

 

Deposito merupakan simpanan yang terdapat jangka waktu pengambilan di dalamnya. Jangka waktu ini ditentukan sendiri oleh pemilik sesuai keinginan dan kebutuhan. Kelebihan dari deposito adalah resikonya yang cenderung kecil dan terdapat bunga yang nilainya lebih tinggi dari bunga pada tabungan pada umumnya. Sedangkan kekurangannya adalah waktu pencairan dananya yang cenderung ketat, jika deposito diambil sebelum waktu jatuh tempo, maka terdapat penalti yang harus dibayarkan.

 

  • Reksa dana

 

Reksa dana merupakan investasi berupa dana yang dikumpulkan secara kolektif yang nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi. Reksa dana akan memberikan keuntungan dan juga resiko secara merata kepada para investornya. Untuk jumlah keuntungannya akan sangat tergantung dari jenis dan jumlah reksa dana yang dipilih.

Kelebihan dari investasi ini adalah Anda tak perlu mengelola dana Anda sendiri, karena dana sudah dikelola oleh pihak yang tepat. Selain itu, dana yang Anda kumpulka akan disebar ke beberapa perusahaan sekaligus sehingga keuntungan dan resikonya pun akan tersebar secara merata.

Namun ada juga kekurangan dari investasi reksa dana, yaitu Anda akan merasa kurang puas terhadap hasil investasi karena Anda tidak mengelolanya sendiri. Selain itu jumlah keuntungan yang didapatkan juga lebih kecil ketimbang pembelian saham. Pada reksa dana juga terdapat sejumlah biaya yang perku dikeluarkan dalam pengelolaan dana ini.

 

  • Saham

 

Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan Anda dalam sebuah perusahaan. Anda akan turut menanamkan modal dalam usaha tersebut dan sebagai hasil investasinya Anda akan mendapatkan deviden atau bagi hasil atas usaha.

Kelebihan dari investasi berupa saham adalah keuntungan besar yang Anda dapatkan atas saham yang Anda miliki, terlebih jika perusahaan sedang mengalami kejayaan. Dan jumlah keuntungan ini akan berlipat-lipat dibandingkan dengan harga beli saham yang Anda beli sebelumnya.

Sedangkan kekurangannya antara lain resikonya yang cukup besar. Anda bisa mengalami kerugian yang besar jika harga saham turun drastis di pasaran.

 

  • Emas

 

Investasi emas merupakan instrument yang paling banyak digunakan oleh masyarakat terdahulu. Emas memiliki resiko yang rendah dan juga memiliki daya tahan yang baik terhadap inflasi. Investasi emas dapat berupa koin, emas batangan, maupun perhiasan. Kelebihan dari emas adalah bisa dijual sewaktu-waktu, sedangkan kekurangannya adalah cara penyimpanannya yang penuh resiko. Emas rentan terhadap pencurian karena bendanya yang kecil.

You can share this post!

Comments