• Indonesia
5 Cara Hemat Ala Anak Kos Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Pengeluaran Bulanan
Artikel

5 Cara Hemat Ala Anak Kos Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Pengeluaran Bulanan

Bagi kamu yang sedang merantau ke luar kota untuk urusan pekerjaan maupun pendidikan, tentunya, kamu harus indekos. Itu dilakukan jika tidak memiliki kenalan maupun saudara di daerah lain. Seringkali menjadi anak kos memiliki banyak masalah terutama mengenai keuangan. Untuk itu, cara berhemat ala anak kos harus diketahui.

Lalu, Bagaimana Tips Berhemat Ala Anak Kost?

Masalah yang paling sering menghantui anak kos adalah keuangan yang tidak bertahan hingga mencapai akhir bulan. Ada dua hal yang memungkinkan itu terjadi: kamu tidak dapat mengelola keuangan dan mungkin uang yang dimliki memang sangat terbatas.

Oleh karena itu, kemampuan pengelolaan keuangan perlu dimiliki oleh anak kost agar permasalahan seperti itu tidak secara terus menerus terjadi setiap bulan. Apalagi jika kamu harus gali lubang tutup lubang yang pada akhirnya merugikan diri sendiri.

Nah berikut tips berhemat ala anak kost:

1. Mencari Kos Strategis Dekat dengan Lokasi Tempat Kerja maupun Sekolah

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk kos saat merantau, maka pastikan lokasi yang kamu tempati strategis. Lokasi yang dianggap strategis tersebut dapat menghemat pengeluaran. Hal itu karena semakin dekat lokasi kos dengan kampus maupun lokasi kerja, tentunya, kebutuhan biaya untuk ongkos akan makin kecil.

Selain itu, kedekatan tempat kos dengan lokasi kegiatan akan memudahkan kamu pulang dan mengurangi perjalanan yang mungkin saja akan menambah pengeluaran di luar transportasi.

2. Membuat Daftar Kebutuhan Bulanan

Setiap bulannya kamu pastinya mendaptkan jatah dana untuk mencukupi kebutuhanmu selama merantau, terutama kamu yang masih kuliah. Untuk yang bekerja, pemasukan ditentukan oleh besarnya gaji.

Sama dengan profesi lain, akan lebih baik kamu membuat daftar kebutuhan apa yang dibeli dalam sebulan dan menyesuaikannya dengan pendapatan.

Pembuatan daftar list tersebut dapat membantu kamu untuk menentukan perkiraan pengeluaran selama kos. Hal tersebut dilakukan agar uang bulanan tidak cepat habis.

3. Masak dan Membawa Bekal Sendiri

Tentunya sebagai anak kos, kamu harus bisa memasak terutama untuk diri sendiri. Selain terjamin kebersihannya, kebiasaan tersebut dapat membantumu menghemat pengeluaran. Meskipun kamu tidak bisa masak dengan mahir, setidaknya bisa masak nasi dan air.

Kemudian, kamu bisa beli lauk di warteg maupun rumah makan. Selain itu, kamu bisa membawa bekal sendiri untuk ke kampus maupun kantor. Hal itu dilakukan agar pengeluaran bulananmu menjadi lebih hemat.

Memasak sendiri akan menambah keterampilan kamu di bidang ini.

4. Cuci dan Setrika Baju

Salah satu cara berhemat ala anak kos adalah mencuci dan menyetrika baju sendiri. Cara tersebut sangat efektif untuk menghemat pengeluaranmu setiap bulan. Meskipun terdapat banyak pilihan jasa laundry dengan harga lebih terjangkau, apabila dihitung secara cermat tentunya lebih hemat mencuci dan menyerika pakaian sendiri.

JIka tidak memungkinkan melakukannya setiap hari, kamu dapat melakukan cuci dan setrika satu minggu sekali.

5. Nebeng Kendaraan

Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pibadi bisa nebeng dengan cara tepat. Kamu bisa mencari teman yang searah misal teman kampus maupun kantor. Kamu bisa nebeng untuk mengurangi biaya ongkos bulanannya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga diri saat nebeng dengan teman, seperti datang tepat waktu dan tidak mampir ke tempat lain. Itu akan membuat temanmu tidak jera untuk mengantar dan menjemput kamu, meski perjalanan searah.

Itulah 5 cara berhemat ala anak kos bisa kamu tiru agar dapat berhemat dan bertahan hingga menjelang akhir bulan.

You can share this post!

Comments