• Indonesia
5 Cara Mudah Menabung Meski Gaji Setara UMR
Keuangan

5 Cara Mudah Menabung Meski Gaji Setara UMR

Menabung itu tetap harus dilakukan lho! Mengapa? Karena hidup penuh dengan ketidakpastian. Mungkin kita bisa merencanakan sesuatu, tetapi belum tentu itu akan terlaksana. Malahan lebih sering rencana sekadar menjadi wacana.

Tanpa direncanakan, tahu-tahu motor kita terperosok masuk ke dalam selokan. Mau tidak mau harus keluar biaya untuk mengatasi hal ini. Nah, kalau kamu tidak memiliki dana darurat sama sekali, pasti akan kebingungan jadinya.

Oleh karena itu, menabung itu perlu. Kamu harus mengatur keuangan dengan sangat baik, terlebih kalau gajimu masih setara UMR. Selagi masih belajar memperbaiki ekonomi ke depan, jangan lupa untuk menabung demi berbagai keperluan darurat.

Cara Mudah Menabung

Kamu pasti penasaran dong mengenai cara menabung karena gajimu masih setara UMR. Jangan bersedih, semua ada jalan kok! Kamu masih bisa menabung bahkan dengan gaji yang setara layak hidup saja. Kamu tentu bisa!

Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Menetapkan Anggaran di Awal Bulan

Anggaran pengeluaran harus ditetapkan tepat setelah gaji di tangan. Bila kamu mengeluarkan tanpa perhitungan, bisa-bisa uang habis tanpa bekas. Kalau begitu caranya kapan bisa menabung?

Buat anggaran untuk makan, transportasi, kesehatan, lalu tabungan. Buat pos masing-masing dan sisihkan uangnya. Anggaran untuk tabungan segera singkirkan dari dompet. Lalu tantang diri untuk hidup dengan uang yang masih tersisa.

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Sebuah keuntungan bila kamu masih tinggal di rumah bersama orang tua. Kamu bisa membawa bekal dari rumah daripada jajan. Selain lebih sehat, bekal dari rumah akan menghemat anggaran pengeluaran.

Meskipun kamu tinggal sendirian di kontrakan/kos pun kamu tetap bisa membawa bekal sendiri. Karena masak sendiri itu juga jauh lebih hemat daripada jajan di warteg sekali pun.

  1. Mengurangi Frekuensi Hangout

Hangout bersama teman memang menyenangkan. Tetapi kamu tidak bisa terus-terusan melakukan hal ini. Karena tentu ini akan membuat anggaran membengkak. Lama-lama kamu tidak bisa menabung untuk keperluan darurat.

Boleh lah nongkrong dan hangout bersama teman, tetapi kurangi frekuensinya. Atau bila nongkrong pun di tempat low budget saja. Lagipula sekarang ini sudah ada banyak pilihan tempat nongkrong. Kamu tinggal pintar-pintar memilih saja.

  1. Membeli Barang Diskon

Diskon dan promo itu ada terus kok! Kamu bisa memanfaatkan ini untuk membeli barang kebutuhan. Ya, utamanya mengenai sandang dan pangan. Urusan makanan, semua ada diskon dan promonya.

Bahan-bahan untuk memasak bisa kamu beli dengan harga murah. Belanja di pasar pun menjadi pilihan tepat. Pun di supermarket tidak pernah sepi diskon maupun promo.

Jadi kalau mau beli bahan makanan maupun baju, pilih yang ada tanda diskon maupun promo ya! Demi tabungan yang makin subur.

  1. Harus Mampu Menahan Diri

Keinginan bersenang-senang itu pasti selalu ada. Tetapi kamu tidak boleh menuruti nafsu itu. Kamu harus memiliki prioritas sehingga ini menjadi bekal untuk menahan diri.

Apa gunanya bila setelah bersenang-senang justru kamu sedih karena keuangan menipis. Impian memiliki tabungan pun sekadar impian saja. Kamu tidak ingin ketika ada hal darurat kamu tidak punya cadangan uang kan? Jadi tahan diri ya!

Itulah cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan demi memiliki tabungan. Hal-hal darurat itu terjadi tanpa rencana. Kalau direncanakan maka namanya bukan darurat. Oleh karena itu, persiapkan diri untuk memiliki tabungan pribadi ya!

You can share this post!

Comments