• Indonesia
5 Hal Penting Saat Membeli Rumah, Awas Kena Tipu!
Properti

5 Hal Penting Saat Membeli Rumah, Awas Kena Tipu!

Hampir setiap orang mendambakan rumah yang penuh kehangatan dan kasih sayang. Mereka berusaha keras demi bisa mewujudkan impiannya. Namun, faktanya bukan hanya finansial saja yang harus dipersiapkan. Kamu juga perlu membekali diri dengan berbagai hal penting saat membeli rumah.

Tak sedikit orang yang telah menjadi korban jual beli rumah bodong atau tipu-tipu. Dalam hal ini tentu saja kerugiannya mencapai ratusan bahkan milyaran rupiah. Kalau kamu nggak siap mental, bisa-bisa drop jika menjadi korban berikutnya.

Teliti, Salah Satu dari Sekian Hal Penting Saat Membeli Rumah!

Ketelitian sangat dibutuhkan saat hendak membeli apapun, tak terkecualiĀ properti berupa rumah. Sudah banyak yang menjadi korban penipuan jual beli rumah karena tidak mengetahui atau abai terhadap hal-hal penting berikut ini.

1. Orisinalitas Surat Kepemilikan

Surat kepemilikan rumah atau sertifikat rumah adalah hal paling penting yang harus diperlihatkan sang pemilik rumah saat menjualnya. Tanpa bisa menunjukkan ini, ada kemungkinan jika rumah yang ditawarkan tersebut ada dalam masalah. Bisa karena masih sengketa, belum disertifikatkan (masih SPPT) atau yang lebih buruk lagi, ia bukanlah pemilik yang sebenarnya.

Jikalau pun sang pemilik dapat membuktikan adanya sertifikat rumah tersebut, kamu harus memeriksa orisinalitasnya. Sebab saat ini sangat mungkin segala sesuatunya bisa dimanipulasi atau dipalsukan. Cari tahu apa saja ciri-ciri orisinalitas sertifikat rumah!

Jadi kamu wajib banget waspada!

2. Kebenaran Data dengan Realita

Sertifikat rumah menunjukkan identitas rumah secara otentik. Meliputi nama pemilik, identitas kependudukannya, letak geografis dan luas rumah, serta batas-batasnya. Semuanya wajib diukur ulang sebelum terjadinya deal antara pemilik dan calon pembeli. Pengukuran ini dimaksudkan untuk memvalidasi kebenaran dalam sertifikat rumah tersebut.

Namanya manusia, kadang kala tanpa disadari mudah berbuat kesalahan. Ada suatu kasus dimana rumah telah berdiri di sebidang tanah, yang ternyata melewati batas tanah tetangga. Alhasil, tetangga yang tidak terima ganti rugi pun memaksa untuk membongkar bagian yang memasuki wilayahnya.

Hal semacam ini jelas sangat merugikan pemilik rumah, karena biaya bongkar pasang rumah tidaklah murah.

3. Saluran Pembuangan

Hal penting saat membeli rumah yang sering kali tidak diperhatikan calon pembeli adalah keberadaan saluran pembuangan rumah tersebut. Bagaimana bentuknya, jalur dan pemberhentian pipa pembuangan tersebut harus kamu ketahui dengan pasti dan jelas. Biar sewaktu-waktu bila terjadi kerusakan, kamu dapat dengan mudah memperbaikinya.

Jika tidak maka yang akan terjadi adalah sebaliknya. Kamu harus mencari-carinya ke sana kemari dalam kebingungan. Belum lagi repot untuk menghubungi tukang guna memperbaikinya.

4. Pintu Atau Ruangan Rahasia

Meski tak dimiliki oleh semua rumah, nyatanya ada loh rumah yang memiliki pintu atau ruangan rahasia yang hanya diketahui oleh sang pemilik. Fungsinya jelas tak sama dengan ruangan lainnya yang bersifat umum dan terbuka.

Pintu atau ruangan rahasia ini biasanya dimiliki oleh rumah yang berukuran besar. Yang sudah-sudah, terletak di samping atau bawah tangga, bawah tanah atau di belakang rak buku. Semuanya bisa diatur oleh sang pemilik rumah tersebut. Jangan ragu untuk menanyakannya langsung pada sang pemilik, karena bila sampai tidak kamu tahu, bisa disalahgunakan oleh orang lain!

5. Alasan Menjual Rumah

Walaupun hal penting yang satu ini bersifat pribadi, tetapi wajib pula untuk kamu tanyakan. Buatlah kondisi sekitar nyaman sebelum menginterogasi sang pemilik terkait alasannya menjual rumah.

Bila itu karena BU atau butuh uang, maka tak jadi masalah. Namun, yang harus kamu waspadai bila alasannya terdengar aneh, membingungkan atau tak biasa. Kamu mesti memikirkan ulang untuk membeli rumah tersebut.

Ingat ya, teliti dulu 5 hal penting saat membeli rumah di atas sebelum kamu mengambil keputusan!

You can share this post!

Comments