• Indonesia
5 Hewan Ini Cocok untuk Dijadikan Peluang Bisnis
Peluang Usaha

5 Hewan Ini Cocok untuk Dijadikan Peluang Bisnis

Bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak diminati. Selain tidak terikat dengan waktu, Anda juga bisa menciptakan strategi bisnis sendiri yang tidak diatur oleh pihak mana pun. Menjalankan bisnis juga berarti menciptakan penghasilan yang tidak terbatas. Tidak seperti pekerja kantoran, seorang pebisnis mampu menentukan penghasilannya sendiri.

Salah satu peluang bisnis yang cukup diminati saat ini, yaitu jual beli hewan ternak dan hewan peliharaan. Saat ini, banyak orang yang memerlukan hewan ternak untuk dimanfaatkan daging, bulu, telur, maupun susunya. Sedangkan ada juga orang yang memerlukan hewan peliharaan sebagai teman bermain sehari-hari.

Lalu, jenis hewan apa saja yang cocok dijadikan untuk peluang bisnis? Berikut rangkumannya.

1. Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Tingkahnya yang menggemaskan serta perawakannya yang lucu membuat siapa saja tertarik untuk memeliharanya. Dengan demikian, potensi keuntungan dari jual beli kucing cukup tinggi. Anda bisa menjual berbagai ras kucing, seperi angora, Persia, Himalayan, sphinx, dan masih banyak lagi.

Menurut Studi pada Jurnal PLos One, memelihara kucing bisa membawa manfaat bagi majikannya, salah satunya membuat pertemanan dengan tetangga semakin kuat. Mengapa demikian? Kucing berperan sebagai pencair suasana agar bisa menciptakan pertemanan baru saat mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan.

2. Ayam

Ayam bisa menjadi pilihan lain untuk bisnis hewan Anda. Saat ini, banyak yang memanfaatkan daging dan telur ayan untuk diolah kembali menjadi makanan tertentu. Untuk ayam ternak, Anda bisa menjual jenis broiler, kampung, negeri, dan lain-lain.

Sedangkan untuk ayam hias, Anda bisa menjual jenis kate, serama, Poland, bekisar, dan masih banyak lagi. Ayam hias tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ternak, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.

3. Ikan Hias

Bisnis ikan hias bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pasalnya, harga ikan hias jauh lebih mahal dibandingkan ikan biasa yang sering dijumpai. Saat ini, permintaan ikan hias cukup tinggi, sehingga hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Berbagai jenis ikan hias yang bisa Anda jual di antaranya guppy, gold fish, cupang, Araipama, black ghost, dan masih banyak lagi.

4. Hamster

Hewan yang imut dan menggemaskan yang satu ini juga banyak digemari. Badannya yang kecil bisa lebih mudah untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. Selain itu, pakan hamster terbilang cukup murah karena hanya bermodalkan biji-bijian dan sayuran. Oleh karena itu, Anda bisa memulai bisnis yang satu ini. Selain relative murah, hamster terbilang mudah untuk dikembangbiakan, sehingga Anda tidak perlu repot mengeluarkan modal besar.

Hamster dijual mulai dari harga ribuan sampai ratusan ribu tergantung jenisnya. Adapun jenis-jenis hamster yang bisa Anda jual, di antaranya Campbell, winter white, roborovski, golden, dan masih banyak lagi.

5. Kelinci

Kelinci bisa dijadikan hewan ternak maupun peliharaan. Dengan begitu, bisnis yang satu ini terbilang cukup menjanjikan. Kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya untuk kemudian dijadikan sate dan olahan makanan lain. Selain itu, kelinci hias juga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan lucu. Keuntungan dari jual beli kelinci ini terbilang menguntungkan karena harga jualnya yang cukup tinggi hingga jutaan rupiah per ekornya.

Itulah lima jenis hewan yang bisa dijadikan peluang bisnis. Untuk menjalankan bisnis hewan peliharaan maupun ternak, dibutuhkan persiapan yang matang dan usaha yang gigih agar usaha berkembang dengan pesat. Semoga bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments