• Indonesia
5 Tips Investasi di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa
Artikel

5 Tips Investasi di Masa Pandemi Bagi Mahasiswa

Investasi sering dikaitkan dengan dana yang besar. Padahal di masa pandemi secara ekonomi banyak orang yang merasa kesulitan. Apalagi mahasiswa yang dapat dikatakan belum mempunyai penghasilan tetap. Ingin tetap mendapat income dari sini? Sima 5 tips investasi di masa pandemi yang akan disajikan pada artikel berikut.

Perbedaan Investasi dan Tabungan

Investasi bukan menabung. Namun, menabung mungkin saja bagian dari investasi.

Investasi adalah menyimpan sejumlah dana dengan cara tertentu pada suatu produk di mana nilainya akan meningkat di masa depan. Peningkatan terjadi mungkin karena harganya yang bertambah atau dana digunakan untuk berbisnis oleh pihak ketiga.

Dulu, investasi dikenal membutuhkan dana banyak, seperti membeli rumah atau logam mulia. Kini tidak lagi. Ada, lho investasi di masa pandemi yang bisa dilakukan hanya dengan bermodal Rp10.000,00! Namun, ini tidak dibicarakan pada artikel ini.

Tips Investasi di Masa Pandemi untuk Mahasiswa

Nah, sebagai mahasiswa Anda juga ingin turut investasi bukan? Apalagi hanya dengan uang Rp10.000,00! Yuk, lakukan dengan memperhatikan tips berikut!

1. Menyisihkan Uang Jajan untuk Modal

Bagi mahasiswa, uang jajan adalah instrument wajib yang diberikan orangtua untuk kebutuhannya. Jika pintar mengelola keuangan dan berniat untuk berinvestasi maka sisihkan uang jajan untuk modal investasi. Berapapun uang yang disisihkan tentu sangat berharga dan lama kelamaan menjadi lebih banyak dan bersiap untuk berinvestasi.

Jika Anda termasuk mahasiswa yang membiayai diri sendiri, wajib berinvestasi. Caranya tetap sama, dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan yang kamu terima. Ini penting, untuk berjaga suatu saat kamu sibuk membuat tugas akhir, KKN atau lainnya sehingga tidak dapat bekerja sampingan lagi.

2. Mengenali Instrumen Investasi

Di pasaran, kini ada banyak jenis investasi dengan dana terjangkau. Ada saham, reksadana, deposito, logam mulia dengan berat 0,02 gram, dan sebagainya. Anda harus memilihnya xecara tepat dengan pertimbangan risiko, likuiditas, biaya yang dikeluarkan dan lain-lain.

Oleh karena itu, mengenali instrument investasi yang sedang Anda bidik menjadi hal yang sangat penting.Ketika ingin melakukan investasi maka harus mengenali instrument investasi, misalnya saja saham. Saat ini tersedia berbagai jenis saham yang ada dengan harga yang terjangkau, sehingga membuka peluang lebar bagi mahasiswa untuk ikut berinvestasi.

3. Memahami Tentang Profil Risiko

Jika sudah terjun ke dunia investasi maka harus mulai memahami bagaimana profil risiko. Misalnya saham yang sebagai komponen investasi di masa pandemi yang terpilih, tentunya mempunyai risiko yang ada. Besar kecilnya bergantung kepada nominal saham yang dimiliki atau modal yang sudah dikeluarkan.

4. Pelajari Cara Agar Investasi Menguntungkan

Ada investasi yang mungkin tidak memerlukan kerja ekstras untuk menjaganya agar menguntungkan, seperti reksadana. Di sini sudah ada pengelola tersendiri, sehingga tinggal menerima hasilnya.

Namun, ada pula investasi yang membutuhkan pengelolaan lebih besar. Misalnya, property. Anda harus tahu bagaimana agar property menjadi lebih menguntungkan di masa depan. Properti harus dirawat, membeli di tempat strategis, dan seterusnya.

Saat memasuki dunia saham, yang penting diperhatikan yaitu dengan mempelajari cara analisa saham. Dimana saham yang diambil ini juga berdasarkan saham yang sudah terjamin dan milik perusahaan ternama. Jadi menganalisa saham bisa dengan melihat perbandingan antar satu saham dan lainnya, seperti saham blue chip yang kualitasnya terbaik diantara saham lainnya.

5. Melakukan Investasi Dengan Konsisten

Pentingnya menjaga konsistensi yaitu dengan cara melakukan investasi disertai risiko dan perhitungan lainnya. Jadi ketika melakukan detail pada saat menjalankan investasi maka hal ini akan membuka peluang menjadi trader terbaik. Tentunya dengan kemampuan membaca market saham saat ini.

Dengan adaya investasi di masa pademi bagi mahasiswa maka harapannya mahasiswa tetap bisa konsisten sekolah dan menghasilkan. Adapun saham yang menjadi instrument investasi ini dipilih kemudian bisa menciptakan sumber pendapatan serta keuntungan.

You can share this post!

Comments