• Indonesia
5 Tips Memilih Franchise Terbaik, Coba Deh Kamu Terapkan!
Peluang Usaha

5 Tips Memilih Franchise Terbaik, Coba Deh Kamu Terapkan!

Banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha sendiri, baik itu mereka yang karyawan atau jobbless. Apalagi memang usaha pada dasarnya menjanjikan keuntungan yang sebesar-besarnya tergantung dari Anda sendiri. Bagi yang tidak mempunyai banyak waktu dan tidak ingin membuka usaha dari nol, sekarang ada franchise.

Bagaimana Memilih Franchise Terbaik

Franchise atau waralaba dalam bahasa Indonesia adalah cara membuka usaha baru dengan menggunakan nama dari perusahaan lain yang sebelumnya sudah dikenal masyarakat. Anda yang membukanya, membayar sejumlah dana tertentu untuk mendapatkan peralatan dan sistem yang sama dari perusahaan tersebut.

Kelebihannya, Anda tidak perlu memulai dari bawah dan mencari formula pemasaran sendiri. semua sudah ada dan tersedia, tinggal dijalankan.

Namun, Anda pasti tahu bahwa jenis usaha dengan kerjasama ini sangat banyak jenisnya. Cukup membingungkan untuk memilih. Jika tidak tepat, meski sistem sudah bagus tetap saja tidak akan berjalan dengan baik. Semua menjadi sia-sia.

Jangan khawatir di bawah ini ada beberapa tips memilih franchise yang tepat! Yuk disimak uraian singkatnya!

1. Memilih Bidang yang Disukai

Dengan semakin berkembangnya teknolgi informasi, Anda dapat tahu berbagai jenis waralaba yang ditawarkan. Yang terbanyak adalah dalam bidang kuliner. DI bawahnya ada bidang fashion dan lembaga pendidikan.

Dari semua yang ditawarkan, sebaiknya pilih yang disukai. Memilih usaha sesuai kesukaan akan lebih memudahkan. Anda akan lebih mudah paham seluk beluknya. Selain itu, tidak ada usaha yang mudah. Jika memilih yang disukai Anda akan siap berusaha untuk mempertahankan.

2. Memilih yang Paling Banyak Konsumennya

Jika Anda memiliki banyak hal yang disukai, pilihlah yang paling banyak konsumennya atau paling dibutuhkan.

Waralaba bidang makanan, mini market, lembaga pendidikan, dan bengkel mobil menjadi contoh yang paling banyak peminatnya.

Jika sudah memutuskan dan ada banyak waralaba yang sama jenisnya, Anda juga dapat memilih berdasarkan konsumennya. Misalnya, ada mini market A dan B, lihat yang memiliki lebih banyak konsumen.

3. Pilih Sesuai Budget

Ada banyak waralaba yang ditawarkan dari satu jenis saja.

Pilihlah yang sesuai dengan budget. Jangan mengambil dengan dana pas-pasan.

Sama dengan bisnis awal, Anda harus menyiapkan dana tidak terduga.

Sebaiknya, jangan mengambil kredit untuk membuka waralaba. Ini memang menggiurkan tetapi bunganya cukup besar.

4. Pilih Perusahaan yang Berlatar Belakang Bagus

Meski Anda sudah menyukai bisnis yang ditawarkan, sebaiknya pilihlan perusahaan yang berlatar belakang bagus untuk kerja sama.

Bila perlu, surveylah ke beberapa bisnis yang sidah bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Meski setiap usaha pasti mempunyai kekurangan, pilihlah yang paling sedikit. Mengapa? Karena Anda akan bekerja sama dalam jangka waktu cukup panjang, antara 3 sampau 5 tahun.

5. Membaca Kontrak dengan Teliti

Dalam setiap kerja sama, Anda akan menandatangani kontrak.

Jangan asal tanda tangan! Perhatikan terlebih dahulu isinya, seperti :

  1. Sistem yang dijalankan
  2. Proyeksi keuangan
  3. Jaminan yang Anda peroleh
  4. Pembagian pendapatan
  5. dan lain-lain

Hal-hal di atas haruslah diperhatikan, agar Anda tidak menyesal.

Misalnya saja, waralaba ayam tepung yang kini menjamur. Ada yang harganya murah tetapi ternyata hanya mengajarkan cara membuatnya. Ada pula yang memberi lengkap dengan peralatan dan bumbu. Semua harus dicermati.

Itulah 5 tips memilih franchise yang harus Anda praktekkan! Yang pasti, jangan langsung tergiur dengan untung besar dan janji yang diperoleh dari promo di internet. Tidak ada usaha yang diperoleh tanpa kerja keras dan konsistensi. Semoga sukses!

You can share this post!

Comments