• Indonesia
5 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun
Artikel

5 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

Banyak orang yang bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tanpa memikirkan kebutuhan di masa tua nanti. Padahal di masa tua nanti Anda hanya akan hidup dari dana pensiun saja, diluar dari bisnis yang akan Anda jakankan saat pensiun tiba

Meskipun dana pensiun sudah disiapkan dari kantor atau perusahaan, sebaiknya Anda tetap memiliki perencanaan yang matang terhadap dana pensiun ini. Jangan sampai masa tua Anda mengalami keulitas fianansial lantaran dana pensiun yang tidak disiapkan dengan baik.

Jadi ketika Anda masih produktif sekalipun tak ada salahnya untuk mempersiapkan masa pensiun Anda dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini.

 

  • Mempersiapkan dana cadangan untuk pension diluar dana pensiun perusahaan

 

Meskipun dana pensiun Anda telah disiapkan oleh perusahaan dalam bentuk deposito atau tabungan, bukan berarti Anda tidak mempersiapkan dana cadangan. Hal ini dikarenakan jumlah pensiun yang diberikan oleh perusahaan atau kantor jumlahnya sangat kecil, bahkan hanya kurang dari 10% dari jumlah gaji yang diterima.

Padahal dari tahun ke tahun biaya hidup akan terus meningkat meskipun Anda telah berusia lanjut nanti. Oleh karena itu Anda perlu memikirkan berapa jumlah dana pensiun yang Anda butuhkan nanti dan mulai mempersiapkannya mulai dari sekarang. Dengan persiapan matang, Anda tak akan mengalami masakah finansial di hari tua.

 

  • Alokasi dana pensiun dalam pengeluaran bulanan

 

Jika Anda mengalokasikan dana pensiun dari sisa uang bulanan Anda, maka metode ini kurang tepat. Lebih baik Anda memasukkan dana pensiun sebagai alokasi pengeluaran bulanan, bukan sisa dari uang bulanan.

Dengan alokasi yang tepat, maka jumlah tabungan pensiun pun akan tersedia dengan tepat. Jika takut tabungan pensiun Anda akan terpakai untuk keperluan lainnya, lebih baik Anda melakukan autodebet pada rekening dana pensiun Anda tiap bulan dan memasukkannya ke dalam bentuk deposito atau instrument pasar modal. Dengan cara ini, tabungan pensiun Anda akan aman sampai tiba masanya nanti.

 

  • Gunakan prosentase untuk alokasi dana pensiun

 

Untuk jumlah alokasi dana pensiun sebaiknya Anda menggunakan prosentase, bukan nominal flat. Hal ini akan sangat berpengaruh ketika Anda mengalami kenaikan gaji atau penambahan penghasilan, maka jumlah alokasi tabungan pensiun Anda pun juga seharusnya bertambah.

 

  • Memisahkan dana pensiun dengan dana darurat

 

Anda perlu membedakan dari awal antara dana pensiun dengan dana darurat. Kebanyakan orang kerap menyamakan antara dana pensiun dengan dana darurat dengan membagi penghasilan menjadi dana sehari-hari dan dana darurat saja. Padahal dana darurat dengan dana pensiun adalah dua hal yang berbeda. Jika Anda menyamakan kedua hal diatas, maka kemungkinan dana pensiun Anda lenyap akan lebih besar lantaran terpakai untuk kebutuhan mendesak.

 

  • Jangan gunakan dana pensiun untuk membeli aset

 

Sebisa mungkin hindari menggunakan dana pensiun untuk membeli aset. Hal ini dikarenakan dalam pembelian aset ada resiko kerugian yang mungkin akan Anda hadapi. Jika Anda ingin membeli aset berupa properti sekalipun, sebaiknya Anda tetap menggunakan dana diluar dana pensiun agar dana pensiun Anda tetap aman. Jadi pastikan dana pensiun yang Anda siapkan hanya dipakai untuk keperluan masa tua saja, bukan hal lainnya.

Dengan menggunakan 5 tips diatas, Anda bisa menyiapkan dana pensiun Anda dengan cermat dan tepat. Persiapan pensiun bukan hal yang sulit lagi jika Anda bijak dalam mempersiapkannya.

You can share this post!

Comments