• Indonesia
7 Kebiasaan Ini Akan Membuat Keuangan Anda Stabil
Keuangan

7 Kebiasaan Ini Akan Membuat Keuangan Anda Stabil

Semua orang tentu menginginkan keuangan yang stabil setiap bulannya bukan? Tak ada yang menginginkan adanya kesulitan ekonomi di tengah jalan dan terpaksa harus berhutang sana sini. Untuk itulah perlu perencanaan yang matang dalam hal finansial agar keuangan Anda terus stabil tanpa kendala.

Berikut ini adalah 7 kebiasaan sederhana yang bisa Anda jalankan demi membuat keuangan selalu stabil.

  • Membuat anggaran sebelum belanja

Banyak orang yang lantas menjadi kalap saat masuk ke supermarket atau pertokoan. Karena merasa membawa uang, maka semua barang ingin dibeli. Tentu kebiasaan ini akan membuat kondisi keuangan buruk jika dibiarkan terus menerus terjadi. Anda perlu membuat anggaran belanja tiap bulannya agar keuangan tetap stabil. Hindari membeli barang diluar dari anggaran belanja kecuali di saat-saat darurat atau mendesak.

  • Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan

Untuk menstabilkan keuangan, Anda perlu memprioritaskan kebutuhan, bukan keinginan belaka. Pastikan Anda membeli sesuatu yang dibutuhkan saja, bukan semata-mata nafsu belaka. Pertimbangkan terlebih dahulu manfaat dari barang tersebut sebelum buru-buru membelinya. Jangan lupa untuk menuliskan kebutuhan di anggaran belanja agar Anda hanya membeli hal yang dibutuhkan saja.

  • Hindari kebiasaan konsumtif

Anda juga perlu mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang sifatnya konsumtif seperti makan di restoran, belanja di mall, menghabiskan banyak uang dalam sehari atau hal lainnya. Lebih baik gunakan uang untuk keperluan produktif agar uang tersebut menghasilkan, bukan malah terbuang sia-sia. Mulailah untuk hidup lebih hemat dan hindari kebiasaan konsumtif mulai sari sekarang.

  • Menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan

Hati-hati dalam menggunakan kartu kredit yang Anda miliki, jangan sampai kartu kredit menyeret Anda masuk ke dalam jeratan hutang. Untuk itulah Anda perlu memantau penggunaan kartu kredit dengan mengeceknya secara berkala di bank. Ketika kartu kredit Anda dalam pemantauan yang tepat, maka Anda tak akan kaget nantinya saat menerima tagihan kartu kredit di akhir bulan.

  • Menabung

Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk menabung. Alokasikan gaji atau penghasilan Anda untuk tabungan di awal bulan, bukan di akhir bulan. Jika Anda menabung di akhir bulan, maka Anda hanya menabung sisa uang saja. Berbeda ketika Anda memang mengalokasikan uang untuk tabungan. Oleh karena itu jangan lupa sisihkan uang dengan prosentase untuk kebutuhan tabungan Anda.

  • Investasi

Selain menabung, Anda juga perlu menginvestasikan uang Anda. Anda bisa memilih instrumen keuangan seperti reksa dana, propert, emas, obligasi atau deposito sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan berinvestasi Anda akan mendapat keuntungan dan manfaat yang membuat keuangan Anda terus stabil.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, karena kesehatan sangat mahal harganya. Jika Anda telah memiliki tabungan dan investasi dalam jumlah besar sekalipun, namun bisa saja uang Anda habis untuk buaya berobat. Oleh karena itu menjaga kesehatan sangat wajib hukumnya agar keuangan Anda terus stabil. Anda bisa menggunakan uang Anda untuk berbagai keperluan lain, bukan untuk biaya kesehatan.

Itulah 7 kebiasaan simpel yang bisa dilakukan sehari-hari untuk mendapatkan keuangan yang stabil. Dengan penerapan yang tepat maka tak akan ada lagi defisit di tengah bulan lantaran keuangan yang tidak stabil. Keuangan yang stabil akan membuat Anda lebih sejahtera dan jauh dari hutang. Selamat mencoba!

 

You can share this post!

Comments