• Indonesia
7 Tips Memulai Usaha Kuliner yang Mudah dan Berpeluang Sukses Besar!
Artikel

7 Tips Memulai Usaha Kuliner yang Mudah dan Berpeluang Sukses Besar!

Memulai usaha kuliner tidak semudah membalikkan telapak tangan dan yang dibayangkan orang lain. Namun, juga tak sesulit yang dibanyangkan. Sejak dulu, bisnis ini sangat menjanjikan. Entah itu camilan atau makanan hangat, banyak orang yang mencarinya setiap hari. Makanan merupakan kebutuhan pokok, sehingga selalu ada pembelinya.

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Mudah dan Pasti Sukses

Bisnis kuliner dapat dicoba oleh Anda yang suka sekali dengan makanan atau pun membuatnya. Ini menjadi modal utama yang membuat Anda terus berjuang agar usaha berhasil.

Sekarang setelah memiliki peluang besar ini, ada baiknya untuk segera fokus pada tujuan bisnis baru Anda.

Jika Anda sudah yakin untuk memulai bisnis makanan, berikut beberapa tips memulai usaha kuliner yang mudah:

1. Menentukan Target Pasar

Yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis kuliner adalah menentukan terlebih dahulu siapa target pasar Anda. Apakah ini khusus untuk remaja, orang tua, anak kecil, segala usia, keluarga, pekerja, dan lain-lain.

Target pasar akan menentukan produk makanan yang akan dikembangkan. Misalnya, untuk keluarga Anda mungkin akan membuka usaha catering. Sementara untuk remaja, Anda dapat membuat makanan yang lebih kekinian.

2. Memilih Bisnis Makanan yang Berkelanjutan

Sangat menggoda untuk menjual sesuatu yang berbau seperti virus atau tren, tetapi dalam banyak kasus justru sebaliknya. Banyak orang menjadi gila untuk membuat menu baru dan melupakan yang lama. Untuk itu, lebih baik menciptakan tren atau tidak mengikuti tren sama sekali.

Anda tahu berapa banyak ‘Warung Makan Padang’ dan ‘Warteg” yang mungkin dijumpai selama perjalanan? Ini merupakan makanan yang tidak mengikuti tren, tetapi konsumen tetap menyukai. Akibatnya, kuliner Padang dan Warteg dapat bertahan lama.

3. Memperhitungkan Modal

Agar berhasil di awal memulai bisnis kuliner, perhitungan modal menjadi bagian penting. Tanpa itu, bisnis Anda tidak akan berfungsi. Jangan sampai Anda kehabisan modal.

Pastikan berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa hari perputarannya, dan berapa jumlah yang harus dijual untuk mendapatkan modal.

4. Menemukan Kelemahan dan Kekuatan Pesaing

Jika Anda belum pernah melakukan bisnis sebelumnya, Anda harus riset pasar. Produk boleh serupa, tetapi keunikan akan dicari konsumen.

Makanan dengan rasa standard dan pelayanan yang sama memang tidak masalah. Namun, konsumen hanya datang di saat benar-benar membutuhkan. Akan berbeda jika makanan mempunyai rasa lebih lezat atau ada sesuatu yang unik atau pelayanan terbaik

5. Memutuskan di Mana Tempat Menjual

Anda harus memutuskan di mana akan menjual produk Anda. Anda ingin membuka toko, menyewa restoran, menggunakan truk makanan, atau menjual dari rumah atau pasar dengan menggunakan aplikasi pemesanan ojek online.

Ini penting karena semua komponen akan menentukan perhitungan modal.

6. Mempromosikan Produk Melalui Media Sosial

Untuk meningkatkan minat pembeli, Anda juga harus menggunakan media sosial. Jika semuanya digital, platform ini sangat efektif dalam meningkatkan pendapatan usaha kecil.

7. Memilih Seseorang untuk Bekerja Sama

Anda bebas menentukan siapa yang akan memulai bisnis Anda. Jika membutuhkan bantuan orang lain, seperti seorang karyawan, pilih dengan siapa Anda ingin maju bersama.

Partner mungkin saja seorang yang dapat membuat masakan atau menangani pemasaran. Pilihlah seseorang yang memahami tujuan bisnis yang baru saja akan dimulai.

Demikian info yang dapat kami share tentang 7 tips memulai usaha kuliner yang mudah. Pada dasarnya tidak ada usaha yang mudah, jenis apapun itu. Hanya saja, jika dibandingkan dengan sektor lain, usaha kuliner masih tergolong mudah, karena semua kalangan membutuhkannya.

You can share this post!

Comments