• Indonesia
Aksi Nyata Dari Pegadaian Untuk Memberdayakan Kesejahteraan Umat Di 17 Pesantren
Berita

Aksi Nyata Dari Pegadaian Untuk Memberdayakan Kesejahteraan Umat Di 17 Pesantren

Misi pegadaian untuk menjalankan program pemberdayaan ekonomi umat utamanya santri yang ada di pesantren ternyata bukan hal yang main-main. Hal ini di buktikan dengan tindakan nyata dari pihak pegadaian yang menyalurkan dana milyaran untuk pesantren tebu ireng yang berlokasi di Jawa Timur ini tepatnya di Kabupaten Jombang.

Bulan ramadhan kali ini di gunakan oleh PT Pegadaian Persero untuk melakukan safari ramadhan ke 17 pesantren yang ada di Indonesia. Hal ini juga sebagai kegiatan untuk mewujudkan program dari perusahaan tersebut sendiri yaitu Corporate Social Responbility (CSR) yang memang di tujukan untuk membantu ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan perusahaan pegadaian ini terbilang sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat. Mengingat jika masyarakat Indonesia terdiri dari masyarakat yang kurang mampu bahkan tidak jarang santri yang menempuh jalur pendidikan di pesantren berasal dari keluarga yang ekonominya di bawah rata-rata ataupun anak yatim dan piatu.

Dengan melakukan kegiatan CSR atau corporate social responbility menandakan jika perusahaan pegadaian memang tidak main-main dengan slogan mereka yang membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat yang kurang mampu. Bahkan dana yang di keluarkan oleh pegadaian mencapai nominal 1,7 milyar untuk 17 pesantren tersebut. Nominal yang tidak sedikit tentunya jika mengingat ini adalah kegiatan sosial yang berwujud amal.

Direktur Utama Pt Pegadian (persero) Sunarso mengatakan "Dana Kesejahteraan Umat ini merupakan bagian dari pembinaan dan pemberdayaan ekonomi umat khususnya di Pondok Pesantren yang Pegadaian lakukan. Program ini diharapkan dapat membantu berbagai kegiatan di Pondok Pesantren sebagai wadah membangun santri-santri yang berkualitas".

Selain itu Sunarso juga menegaskan jika kegiatan safari ramadhan serta dana kesejahteraan umat yang PT Pegadaian (persero) ini di berikan untuk mengapresiasi dan sebagai wujud kepedulian terhadap lembaga-lembaga yang bergerak untuk kegiatan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu seperti yang di lakukan oleh banyak pondok pesantren di Indonesia ini.

Selain itu lembaga-lembaga seperti pondok pesantren juga bergerak dalam bidang pembinaan umat islam. Oleh karena itu dana kesejahteraan umat ini lebih di dekasikan ke lembaga pendidikan seperti pondok pesantren yang memang misi dan visi nya sudah jelas untuk mensejahterakan banyak umat Islam di seluruh dunia. Kesejahteraan ini di rangkum dalam segi pendidikan yang sangat bagus untuk generasi muda penerus bangsa.

Selain untuk membantu lembaga pemberdayaan masyarakat agama Islam, kegiatan safari ramadhan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan nasabah yang menggunakan produk dari pegadaian termasuk dalam peminjaman dana secara syariah oleh santri dari pondok pesantren tersebut. Karena PT Pegadaian (persero) memang menjadikan kegiatan safari ramadhan ini sebagai kegiatan literasi keuangan syariah.

Kegiatan literasi keuangan syariah ini bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan produk dari pegadaian syariah sebagai solusi untuk kebutuhan keuangan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Karena penggunaan produk dari pegadaian syariah ini tidak menggunakan bunga sehingga lebih memudahkan masyarakat yang mau menggunakan produk dari pegadaian syariah ini.

Baru-baru ini Pegadaian juga meluncurkan Pegadaian Digital Service (PDS) yang berisi tentang gadai tanpa bunga dan tentang agen pegadaian. Program gadai tanpa bunga ini bertujuan untuk membantu anak muda ataupun masyarakat yang ingin berwirausaha tetapi tidak bisa meminjam uang terlalu banyak dengan bunga yang terlalu besar.

Sehingga dengan program ini di maksudkan agar kaum muda Indonesia lebih menyukai berwirausaha sendiri. Kegiatan dari PT Pegadaian (persero) ini memang sepatutnya untuk di apresiasi oleh banyak pihak.

 

You can share this post!

Comments