Non Farm Payrolls AS Dan Employment Change Canada

Jam 16:30 WIB: data Manufacturing Production dan Industrial Production Inggris bulan September 2015 (Berdampak tinggi pada GBP)
Data Manufacturing Production biasanya lebih berdampak dibandingkan Industrial Production yang dirilis pada waktu yang bersamaan. Sektor manufaktur sangat erat hubungannya dengan tenaga kerja, tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran konsumen. Manufacturing Production atau Factory Production adalah leading indicator bagi laju perekonomian Inggris pada umumnya dan sektor ini di Inggris mempunyai porsi sekitar 80% dari total output produksi, oleh karenanya data ini lebih berdampak. Sektor industri mencakup pertambangan serta jenis industri lain yang non-manufaktur. Rilis data berupa persentasi perubahan dibandingkan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan tahunan (year over year atau y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Yang lebih berdampak adalah data m/m.

1

Bulan Agustus lalu produksi sektor manufaktur Inggris m/m naik 0.5%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.4% dan adalah kenaikan tertinggi dalam 3 bulan terakhir, sedang untuk basis tahunan (y/y) turun 0.8% (atau -0.8%), lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 0.1% tetapi lebih baik dari bulan Juli yang turun 1.2%. Sementara itu untuk sektor industri non-manufaktur (Industrial Production) m/m bulan Agustus lalu naik 1.0%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 0.3% dan juga yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir, sedang untuk basis tahunan (y/y) naik 1.9%, tertinggi dalam setahun terakhir.

Untuk bulan September 2015 diperkirakan Manufacturing Production m/m akan kembali naik 0.4% dan y/y akan turun 0.9% (atau -0.9%), sementara Industrial Production m/m akan turun 0.1% (atau -0.1%) dan y/y akan naik 1.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 16:30 WIB: data neraca perdagangan Inggris bulan September 2015 (Berdampak medium pada GBP)
Rilis neraca perdagangan Inggris secara rinci dibagi atas 3 item yaitu:

1. Visible Trade Balance yang hanya terdiri dari produk barang-barang fisik dan tidak menyertakan yang non fisik atau jasa. Item ini sering juga disebut dengan Trade Balance on Goods atau Merchandise Trade Balance.
2. Non European Union Trade Balance, yaitu neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap negara-negara diluar Uni Eropa.
3. Total Trade Balance atau neraca perdagangan total (barang dan jasa) terhadap seluruh negara partner dagang Inggris. Neraca perdagangan total merupakan komponen terbesar dalam neraca pembayaran pemerintah Inggris.
Diantara ke 3 item tersebut yang paling berdampak adalah Visible Trade Balance, dan istilah neraca perdagangan selalu mengacu pada item ini.

Sejak kwartal terakhir 2012 perdagangan Inggris selalu defisit. Bulan Agustus 2015 lalu defisit sebesar £11.1 milyard, lebih rendah dari perkiraan yang akan defisit £10.0 milyard tetapi lebih baik dari bulan Juli yang defisit £12.2 milyard (revisi dari data sebelumnya yang juga defisit £11.1 milyard). Untuk bulan September 2015 diperkirakan perdagangan Inggris akan kembali defisit £10.7 milyard. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 20:30 WIB: data Non-Farm Payrolls (NFP) AS bulan Oktober 2015 (Berdampak tinggi pada USD)
Data Non-Farm Payrolls yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS ini mengukur perubahan jumlah tenaga kerja diluar sektor pertanian selama periode sebulan lalu. Data ini merupakan leading indicator bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

2

Saat ini data NFP dianggap penting dan menjadi fokus perhatian pasar karena akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi The Fed dalam memutuskan jadi tidaknya menaikkan suku bunga dalam tahun ini. Bulan September lalu NFP bertambah 142,000 job, lebih rendah dari perkiraan yang akan bertambah 201,000 job tetapi lebih tinggi dari bulan Agustus yang bertambah 136,000 job (revisi dari data sebelumnya yang bertambah 173,000 job), sementara rata-rata pertambahan job dalam 3 bulan terakhir adalah 174,300 per bulan.

Dalam bulan September pertambahan lapangan pekerjaan terbanyak ada di sektor jasa pelayanan kesehatan (+34,000), pekerjaan profesional dan pelayanan bisnis (+31,000), jasa pelayanan perdagangan retail (+24,000), jasa pelayanan di restaurant (+21,000), dan jasa pelayanan di bidang informasi (+12,000). Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan NFP akan kembali bertambah 179,000 job. Hasil rilis yang sama atau lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:30 WIB: data indeks upah rata-rata per jam di AS bulan Oktober 2015 (Berdampak tinggi pada USD)
Data yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS setiap bulan ini mengukur perubahan upah rata-rata per jam (Average Hourly Earnings) di seluruh negara bagian AS diluar industri pertanian. Rilis data berupa persentasi perubahan rata-rata upah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Upah selalu dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup.

Bulan September lalu upah rata-rata per jam di AS stagnan atau 0.0%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.2% dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir, sementara upah rata-rata per jam bulan Agustus dikoreksi naik 0.4% dibandingkan data sebelumnya yang naik 0.3%. Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan tingkat upah rata-rata akan kembali naik 0.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 20:30 WIB: data tingkat pengangguran AS bulan Oktober 2015 (Berdampak tinggi pada USD)
Indikator ini mengukur persentasi total tenaga kerja produktif yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Meski dianggap sebagai indikator lagging, tetapi jumlah pengangguran akan berdampak pada pengeluaran konsumen, jumlah tenaga kerja dan tingkat kepercayaan. The Fed selalu memperhatikan indikator ini.

Sejak bulan Desember 2013 tingkat pengangguran AS cenderung terus menurun dan bulan September lalu berada pada angka 5.1%, sama dengan bulan Agustus dan yang terendah sejak bulan April 2008, tetapi tingkat partisipasi turun ke 62.40%, terendah sejak bulan Oktober 1977. Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan tingkat pengangguran akan kembali turun ke angka 5.0%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:30 WIB: data Employment Change dan tingkat pengangguran Canada bulan Oktober 2015 (Berdampak tinggi pada CAD)
Jumlah tenaga kerja merupakan indikator awal pengeluaran konsumen yang menunjukkan tingkat aktivitas perekonomian secara keseluruhan, sedang tingkat pengangguran mengukur persentasi jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Dalam waktu yang bersamaan akan dirilis data Employment Change yang menunjukkan perubahan jumlah total tenaga kerja, dan Jobless Rate yang menunjukkan perubahan persentasi tingkat pengangguran dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

3

Bulan September lalu jumlah tenaga kerja di Canada bertambah 12,100, lebih baik dari perkiraan yang akan bertambah 10,500 dan adalah yang tertinggi dalam 4 bulan terakhir. Pertambahan lapangan pekerjaan terbanyak ada pada jenis pekerjaan paruh waktu (part time) yang tersebar di dibidang informasi, jasa layanan bisnis, sosial (social assistance) dan layanan kesehatan. Sementara tingkat pengangguran bulan September naik 0.1% ke angka 7.1%, lebih tinggi dari perkiraan 6.9% dan yang tertinggi dalam setahun terakhir, sementara tingkat partisipasi sama dengan bulan sebelumnya, yaitu 65.9%.

Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan tenaga kerja di Canada akan kembali bertambah 9,700 sementara tingkat pengangguran diperkirakan tetap 7.1%. Jika hasil rilis pertambahan tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan maka CAD akan cenderung menguat.

Jam 20:30 WIB: data Building Permits Canada bulan September 2015 (Berdampak tinggi pada CAD)
Jumlah ijin pembangunan rumah adalah indikator awal bagi aktivitas pekerjaan konstruksi dan merupakan indikator awal bagi pasar perumahan baru di Canada. Meningkatnya Building Permits menunjukkan naiknya investasi dan optimisme pelaku bisnis perumahan. Data yang dirilis menunjukkan persentasi perubahan dibandingkan bulan sebelumnya.

Bulan Agustus lalu jumlah ijin pembangunan rumah di Canada turun 3.7% (atau -3.7%), lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.5% dan adalah yang terendah dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan September 2015 diperkirakan jumlah ijin pembangunan rumah di Canada akan kembali naik 1.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

Arsip Analisa by: Martin

Seputar Forex

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *