Cara Mudah Rumah Anda Terlihat Minimalis

desain interior rumah minimalis 002Tak dapat dimungkiri, rumah minimalis dan modern kini menjadi salah satu tren desain interior dan gaya arsitektur bangunan di Indonesia. Buktinya di awal 2016 pencarian keyword“rumah minimalis” di Google (Id) bisa mencapai 300.000 setiap bulannya. Bahkan, sekarang sudah banyak juga developer perumahan baru di Indonesia yang menawarkan konsep minimalis dan modern. Jika Anda juga tertarik serta merupakan penggemar rumah minimalis dan modern maka akan lebih baik mengetahuinya lebih dalam.

Lalu sebenarnya, apa itu rumah minimalis dan modern?

Rumah minimalis dan modern merupakan perpaduan dari konsep dengan desain sederhana yang didukung dengan jenis perabotan modern, namun tetap memiliki kesan artistik dan nyaman. Selain itu, penentuan komposisi interior dan eksterior rumah juga harus menggunakan warna harmonis. Penataan cahaya lampu juga dapat membuat rumah minimalis terlihat lebih artistik di malam hari.

Rumah minimalis akan terasa nyaman untuk masyarakat urban yang serbapraktis, fungsional, dan menjadikannya sebagai sebuah gaya hidup. Tapi, apabila tidak ada yang cocok dengan diri Anda bukan berarti konsep ini akan membuat Anda tidak nyaman, karena sebenarnya terdapat beberapa manfaat dari rumah dengan konsep minimalis, di antaranya adalah:

1. Mengurangi stres

Konsep minimalis diyakini akan mengurangi stres karena perabotan yang ada berhubungan satu dengan yang lain. Sehingga akan meminimalisasi visual Anda selama berada di rumah dan dapat membuat pikiran Anda lebih tenang.

2. Lebih menarik dan elegan

Coba Anda lihat gambar dari rumah minimalis di beberapa mesin pencarian. Terlihat sangat menarik, hampir tidak ada perabotan di dalamnya, kecuali beberapa perabot yang indah, beberapa karya seni yang bagus, dan sedikit tambahan dekorasi cantik. Jadi, sudah dipastikan Anda akan membuat rumah lebih menarik dengan membuatnya lebih minimalis.

3. Mudah dibersihkan

Tentu merupakan hal sulit untuk membersihkan sejumlah objek besar, atau sekedar menyapu di tengah banyaknya furnitur. Semakin banyak hal yang Anda miliki, maka semakin rumit juga membersihkannya. Pikirkan tentang bagaimana mudahnya membersihkan ruang kosong dibandingkan satu ruangan dengan 50 perabotan atau benda di dalamnya. Itu contoh ekstrem, dan tentu saja tidak akan ada yang merekomendasikan Anda memiliki ruang kosong, tapi itu hanya untuk menggambarkan perbedaan.

Jadi, bagaimana membuat rumah agar terlihat minimalis dan modern?

Tidak ada jawaban pasti dalam hal ini, pastinya akan bervariasi karena harus menyesuaikan dengan selera Anda dan bagaimana tingkat minimalis Anda. Tapi di sini ada beberapa karakteristik atau garis besar dari gambaran rumah minimalis:

1. Meminimalisasi jumlah perabotan

Sebuah ruang minimalis hanya akan diisi beberapa perabotan. Sebuah ruang tamu misalnya, mungkin hanya memiliki sofa, kursi, meja kopi, atau hiasan yang tidak membutuhkan tempat. Ataupun, kamar tidur yang hanya diisi tempat tidur sederhana (atau bahkan hanya kasur), lemari, dan mungkin beberapa perabotan berdiri seperti lampu hias atau rak buku.

2. Dekorasi

Rumah tanpa dekorasi mungkin akan terlihat sangat membosankan. Tapi untuk yang memiliki pandangan ekstrem terhadap “minimalis”, hal itu justru terlihat lebih baik. Jadi untuk Anda yang tidak memiliki pandangan tersebut silakan tambahkan dekorasi sebagai pemanis nilai minimalis Anda. Sebuah vas bunga atau tanaman pot kecil adalah dua contoh klasik. Atau dengan menambahkan benda-benda yang berhubungan dengan keluarga seperti foto atau lukisan dengan bingkai yang terlihat simpel.

3. Kualitas di atas kuantitas

Segera jual barang-barang yang sebenarnya jarang terpakai. Minimalis adalah dengan menyimpan beberapa hal yang benar-benar dicintai dan sering digunakan. Sebuah televisi (TV) contohnya, bukankah lebih baik mempunyai satu TV yang besar di sebuah ruangan daripada lima TV dengan ukuran sedang di segala ruangan?

4. Jendela

Jendela menjadi sisi menarik lain yang juga dapat menambahkan kesan minimalis di rumah Anda. Ingat untuk tidak terlalu banyak memberikan hiasan di sekitar jendela, karena dapat menyebabkan kekacauan dalam kesan rumah minimalis dan modern.

5. Lihat kembali dan lakukan pembenahan ulang

Apabila Anda sudah melakukan sebuah pembenahan minimalis, periksa kembali efek yang ditimbulkan. Apakah masih ada yang kurang? Atau, justru dikurangi karena tidak terlalu penting. Berikan waktu beberapa hari hingga Anda kembali mendapat ide minimalis. Lakukan kunjungan intens ke setiap ruangan selama beberapa bulan untuk mendorong Anda menyederhanakan beberapa hal lain.

Rumah dengan desain minimalis dan modern merupakan hal yang dapat menimbulkan suasana damai. Apalagi bila Anda yang menentukan segalanya, pasti hasilnya akan terasa lebih memuaskan. Salah satu negara yang menerapkan konsep minimalis adalah Jepang. Coba Anda perhatikan, dari bentuk rumah hingga perabotan dan desain ruangannya. Contoh paling sederhana bisa dilihat dari kartun animasi Doraemon. Kamar Nobita hanya berisi meja belajar dan rak buku. Untuk tidur dengan lantai dilapisi tatami atau tikar jerami ditambah futon atau spring bed untuk alas tidurnya. Namun di Jepang hal tersebut sudah seperti ciri khas dan bukanlah sesuatu yang bisa dikatakan minimalis.

Guna mendukung konsep minimalis akan lebih baik dengan mencari bentuk bangunan rumah yang juga sesuai. Bila Anda merasa rumah saat ini kurang cocok untuk diterapkan konsep minimalis, maka lebih baik menjualnya dan mencari rumah yang cocok untuk ide minimalis Anda.

(Sumber: Okezone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *