Siasat Ortu Hadapi Lebaran dan Tahun Ajaran Baru

 

ilustrasi

ilustrasi

SAAT ini para orang tua (ortu) yang memiliki pendapatan pas-pasan harus harus bepikir ekstra keras demi memenuhi kebutuhan putra putrinya. Pasalnya, selain disibukkan datangnya tahun ajaran baru sekolah, para orang tua juga dihadapkan untuk menyiapkan kebutuhan lebaran bagi putra-putrinya.

Kalau sudah begitu, sebagai orang tua harus pintar-pintar mengatur keuangan, memilih kebutuhan tahun ajaran baru dan mempersiapkan si anak untuk dapat beradaptasi dengan sekolah baru, kelas baru, wali kelas baru, teman-teman baru, pelajaran baru, atau sekolah baru (bagi para lulusan).

Berikut tips agar dana tidak membengkak saat datangnya lebaran tahun ajaran baru bagi putra-putri.

  1. Persiapkan Dana untuk Sekolah
    Di tahun ajaran baru jangan lupa siapkan dana daftar ulang yang biasanya harus membayar sejumlah yang sudah ditentukan oleh sekolah. Tak hanya itu buku pelajaran baru pun harus disiapkan dananya.
  2. Biasakan Tidak Selalu Baru
    Seringkali di tahun ajaran baru, semua serba baru. Cobalah keluar dari tradisi tersebut, dimana jika sepatu, tas dan kaos kaki masih bisa digunakan maka tidak membelinya kembali. Sedangkan baju sekolah jika masih ada milik kakak, saudara dan tetangga, bisa digunakan tidak mesti beli baru sehingga menghemat dana. Jika tidak ada barulah membelinya dengan tips membeli baju ukuran besar agar dipakaiaanya lebih lama.
  3. Gunakan Perlengkapan Tulis Lama
    Buku tulis yang halamannya masih banyak, jangan dibuang dulu karena masih dapat digunakan untuk kelas selanjutnya. Tidak perlu malu untuk menggunakan buku lama, Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti sampulnya dengan sampul baru dan melipat kertas menjadi segitiga dalam buku tulis untuk membatasi tahun yang lama dengan tahun yang baru.

Apabila pada pertengahan tahun ajaran buku tulis habis, maka Anda bisa membeli yang baru. Tentunya membeli baru tidak seberat ketika awal ajaran baru, karena tidak berbarengan dengan membayar biaya lainnya.

Untuk alat-alat tulis, belilah yang memang benar-benar diperlukan. Alat tulis yang masih bisa dipakai tetap digunakan sampai saatnya perlu membeli baru. Bila tas sekolah harus diganti, tunggu sebentar 3 atau 6 bulan kemudian, agar anda dapat mengatur pengeluaran Anda supaya pada bulan yang sama pengeluaran tidak meledak.

Ketika membeli tas baru, belilah tas yang harganya lebih mahal sedikit tetapi bisa digunakan sampai 5 tahun. Anda akan berhemat lebih banyak dan dapat mengatur napas keuangan Anda.[red/Brthati].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *