• Indonesia
Bantuan Subsidi Upah Telah Disalurkan kepada 8.534.217 Orang
Berita

Bantuan Subsidi Upah Telah Disalurkan kepada 8.534.217 Orang

Pada tanggal 18 September 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan subsidi gaji kepada 8.534.217 orang. Jumlah ini sudah mencapai 94,82 persen dari total 9 juta penerima gaji subsidi untuk tahap satu sampai tahap tiga. Untuk penyaluran tahap empat masih dilakukan pemeriksaan check list atau kelengkapan data.

Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan mengatakan keterangan resmi di Jakarta pada hari Senin, 21 September 2020 bahwa untuk tahap empat akan disalurkan secepatnya jika proses kelengkapan data sudah selesai. Biasanya proses kelengkapan data akan memerlukan waktu paling lama empat hari kerja. Jika data telah diberikan kepada Kementerian Ketenagakerjaan pada hari Rabu, maka proses kelengkapan data paling maksimal akan selesai pada hari selasa.

Bantuan Subsidi Upah (BSU) telah menyalurkan subsidi upah sebanyak 2.484.429 orang di tahap satu. Jumlah ini mencapai 99,34 persen dari total penerima sebanyak 2,5 juta orang. subsidi upah telah disalurkan sebanyak 2.980.346 orang. Jumlah ini mencapai 99,34 persen dari keseluruhan penerima sebanyak 3 juta orang.

Pada tahap tiga sudah berhasil menyalurkan subsidi upah sebanyak 3.069.442 orang. Jumlah ini mencapai 87,70 persen dari keseluruhan penerima sebanyak 3,5 orang. Rencananya, pada tahap empat akan dibagikan subsidi upah kepada 2,8 juta orang. Data dari 2,8 juta orang tersebut sedang diperiksa kelengkapannya oleh Kementerian Ketenagakerjaan setelah diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) setelah proses check list selesai. KPPN akan menyalurkan bantuan subsidi upah tahap empat kepada bank penyalur. Bank yang akan menyalurkan subsidi upah adalah bank yang merupakan anggota dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Bank-bank BUMN itu akan menyalurkan subsidi upah sebesar Rp600.000 setiap bulannya untuk 4 bulan ke rekening penerima secara langsung, baik rekening bank yang termasuk Himbara maupun bank swasta.

Untuk kelancaran proses penyaluran, Menteri Ketenagakerjaan mengingatkan kembali kepada para pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan termasuk dalam daftar penerima BSU untuk teliti ketika memberikan nomor rekening agar terhindar dari gagal transfer akibat rekening yang tertutup, statusnya pasif, atau tidak valid.

Ida juga mengatakan untuk para pekerja atau buruh yang akan menerima subsidi upah untuk kembali mengecek nomor rekeningnya. Menteri Ketenagakerjaan memerlukan rekening yang aktif agar penyalurannya tepat sasaran, Pemberi kerja juga harus aktif berkomunikasi dengan pekerjanya. Kementerian Ketenagakerjaan melaporkan bahwa penyaluran bantuan subsidi upah tahap tiga sudah dimulai sejak tanggal 14 September 2020 setelah check list dirampungkan.

Pada penyaluran tahap tiga, Haiyani Rumondang selaku Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan mengatakan dalam diskusi virtual bahwa terdapat sejumlah kendala dalam proses penyaluran. Meskipun rekening yang diterima oleh Kementerian Ketenagakerjaan telah melalui tahap validasi di BPJS Ketenagakerjaan.

Kendala yang terjadi seperti rekening yang pasif, status rekening yang sudah ditutup, sampai rekening yang sudah dibekukan karena tidak ada transaksi dalam waktu tertentu. Rekening para calon penerima bantuan subsidi upah yang bermasalah dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk diverifikasi lebih lanjut.

Haiyani mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan berharap penyaluran subsidi upah bisa mencapai target. Penerima BSU ditargetkan sebanyak 15,7 juta pekerja. Namun, adanya kendala dalam data validasi rekening membuat target penerima BSU menjadi 12,8 juta rekening calon penerima.

Meskipun terdapat kendala tersebut, penyaluran subsidi upah tahap pertama dan tahap kedua sudah hampir mencapai seratus persen. Saat ini, rekening yang diterima oleh Kementerian Ketenagakerjaan sudah mencapai 11,8 juta rekening calon penerima BSU.

 

You can share this post!

Comments