• Indonesia
Bingung Mengapa Investasi Selalu Gagal? Berikut Penyebabnya!
Investasi

Bingung Mengapa Investasi Selalu Gagal? Berikut Penyebabnya!

Pasti kamu pernah mengalami kegagalan dalam berinvestasi ?. mungkin kamu mengalami kegagalan tidak hanya sekali sehingga nyaris putus asa dibuatnya. Padahal, investasi itu sangat penting dilakukan karena memang untuk persiapan dana darurat jika terjadi sesuatu.

Apa sih kesalahan yang sering dibuat sehingga investasi bisa terus-menerus gagal?. Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan ini, maka kamu bisa langsung membaca tulisan di bawah ini.

5 Kesalahan Fatal Dalam Berinvestasi

Jangan selalu salahkan orang lain atau apapun ketika gagal dalam berinvestasi, karena bisa jadi kesalahan tersebut ada pada dirimu sendiri. Apa saja kesalahan yang memang membuatmu gagal dalam berinvestasi? Berikut beberapa keterangannya:

1. Tidak Sabaran

Kebanyakan investor sudah membayangkan keuntungan berlipat ganda di depan mata sehingga ketika beberapa bulan berjalan keuntungan tidak didapatkan , investasi akan ditarik. Padahal, untuk mengembalikan dana investasi, maka kamu akan membutuhkan waktu beberapa bulan bahkan tahunan.

Mungkin jika kamu merasa keuntungan tidak kunjung didapatkan dan peluangnya kecil, kamu bisa pertimbangkan untuk mencabut investasimu. Namun, jika dirasa masih ada banyak waktu dan peluang yang dijanjikan sangat memungkinkan, maka bersabarlah.

2. Mengikuti Tren Investasi

Jika kamu memiliki banyak uang mungkin kamu akan berfikir untuk mencari beberapa investasi yang sedang tren. Mungkin boleh saja untuk dicoba, namun apakah tidak sebaiknya jika kamu memilih investasi yang kamu sukai dibandingkan mengikuti tren?.

Bisnis sangat sensitif sehingga jika kamu mengikuti tren bisnis tanpa tahu jenis bisnis dan sebagainya dalam berinvestasi, maka bisa saja kamu gagal. Maka dari itu, sebelum kamu memilih jenis investasi, pastikan kamu tahu investasi apa dan bagaimana sistem keuntungannya.

3. Tidak Memahami Produk

Kebanyakan perusahaan investasi akan memberikan janji yang sangat menggiurkan. Bahkan menawarkan untuk mempercayakan sepenuhnya investasi kepada perusahaan tanpa perlu ikut campur sang investor.

Tentu saja, ini adalah kesalahan fatal karena jika kamu tidak memahami produk maka sama saja kamu membuka pintu kegagalan. Apapun jenis investasinya pastikan kamu sudah paham akan produk. Jangan pasrah menyerahkan uang begitu saja kepada perusahaan investasimu.

4. Termakan Janji Palsu

Mungkin jika kamu ditawarkan keuntungan balik modal dalam jangka satu bulan, kamu akan langsung percaya pada investasi tersebut. padahal, jenis investasi yang semacam ini tentu sangat menipu alias janji palsu.

Perusahaan investasi pasti akan memberikan yang terbaik namun tidak secara cepat kilat. Modal yang kamu berikan dijanjikan bisa kembali dalam jangka waktu yang lama sebenarnya tidak masalah asal memang jelas pengelolaan keuangannya.

5. Bukan Investasi MLM

Jangan sampai terjerat dengan bisnis MLM yang tidak mengetahui produk. Sebenarnya tidak ada yang salah akan bisnis ini asal kamu benar-benar memahami produk apa yang kamu jual dan tidak berorientasi pada target pencarian anggota. Jika memang ingin investasi MLM, pastikan produk yang dijual sudah banyak peminatnya.

Pernahkah kamu melakukan kesalahan di atas atau bahkan beberapa diantaranya ketika berinvestasi?. Jika memang iya, maka pastikan kamu tidak melakukannya lagi karena kesalahan di atas bisa menyebabkan kegagalan bahkan mulai awal investasi.

Nah, bagi kamu yang ingin berinvestasi, jangan sampai lakukan kesalahan di atas dan jika kamu sudah melakukannya, jangan diulangi lagi. Manusia sangat wajar loh melakukan kesalahan, dan sudah sewajarnya juga belajar dari kesalahan tersebut. saatnya kamu bangkit dan mulai berinvestasi lagi tanpa adanya kesalahan dan sukses dengan investasi pilihanmu.

 

You can share this post!

Comments