• Indonesia
Bisnis Kosan, Investasi Properti Paling Menjanjikan di Kawasan Kampus!
Properti

Bisnis Kosan, Investasi Properti Paling Menjanjikan di Kawasan Kampus!

Kawasan kampus sudah tak diragukan lagi sisi strategisnya. Di sini, berbagai usaha mudah ditemukan. Mulai dari rumah kontrakan, kosan, rumah makan, jasa rental komputer, fotokopian, kafe dan lainnya menjamur ke sudut-sudut kampus. Tapi dari semua itu, bisnis kosan bisa dibilang sebagai investasi properti paling menjanjikan.

Kebanyakan mahasiswa berasal dari luar kota bahkan pulau yang tentu saja membutuhkan tempat tinggal selama perkuliahannya. Untuk itu, menyewa kamar kos menjadi solusi paling mudah dan terjangkau. Biaya kosan dihitung berdasarkan tahunan, semester bahkan ada yang per bulan. Hampir semuanya ada.

Keuntungan Lebih dari Bisnis Kosan, Investasi Properti Paling Menjanjikan Saat Ini!

Anda yang tertarik terjun ke dunia investasi, bisnis kosan ini bisa Anda coba saat ini. Keuntungan yang didapat lebih dari sekadar finansial. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Penghasilan Tetap

Bisnis kosan memberi Anda peluang untuk mendapatkan penghasilan tetap. Misalnya, dalam rumah yang Anda jadikan bisnis kosan ini memiliki 3 kamar dengan spesifikasi yang sama. Standar harga kamar kos saat ini berkisar antara Rp 3 – 5 juta per tahun, dengan kamar mandi luar. Sedangkan untuk kamar mandi dalam, umumnya mulai dari Rp 6 juta per tahun.

Jadi, jika dihitung maka dalam satu tahun Anda bisa mendapatkan sekitar Rp 9 – 15 juta. Jumlah ini termasuk besar bila dibandingkan dengan menabung dari gaji yang masih setara UMR/UMK.

2. Gratis Tagihan Listrik dan Air

Bila rumah kos Anda menggunakan listrik pra bayar dan PDAM, maka secara otomatis ini akan menjadi tanggungan anak kos. Anda tak perlu pusing memikirkan pembayarannya, cukup mengingatkan mereka saja untuk selalu membayar sebelum masuk tenggat waktu.

Bagaimana, menarik bukan bisnis yang satu ini? Anda memiliki sebuah rumah yang utuh dan tak perlu memikirkan tagihan-tagihannya.

Namun, ada pula bisnis kosan yang mana biaya yang dibayarkan mahasiswa sudah termasuk dengan listrik dan air, sehingga pemilik kos yang nantinya harus membayarnya tiap bulan.

3. Tak Perlu Keluar Biaya Perawatan

Rumah kos yang sepenuhnya berisi mahasiswa menjadi tanggung jawab mereka seutuhnya. Kebersihan dan keamanan rumah adalah tugas anak kos sepenuhnya. Pemilik kos cukup mengontrol saja dalam jarak jauh.

Investasi properti paling menjanjikan ini membuat Anda tak perlu keluar biaya perawatan, seperti menggaji asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah. Jadi, secara otomatis Anda diuntungkan dengan kehadiran anak kos.

Biaya yang perlu Anda tanggung ialah perbaikan struktural, seperti atap yang bocor, pipa air rusak, lantai keramik retak atau jemuran yang rapuh dan lain sebagainya.

Perhatikan Pengawasan Penuh Terhadap Keamanan dan Reputasi Rumah Kos Anda

Beberapa keuntungan bisnis kos di atas memang sangatlah menggiurkan dan ini memang real adanya. Namun, terkadang ada hal-hal tidak mengenakkan yang bisa terjadi di rumah kos Anda bila pengawasannya tidak diperhatikan. Seperti kemasukan maling, yang mana kawasan kampus memang sering menjadi target pencurian.

Kasus lainnya yaitu kosan yang disalahgunakan sebagai tempat untuk berjudi, pesta miras, prostitusi dan hal-hal tercela lainnya. Belum lagi bila Anda asal menerima anak kos, yang ternyata berkepribadian jorok dan tidak merawat kamarnya dengan baik. Alhasil reputasi kos pun terancam buruk.

Demi mencegah hal buruk tersebut, investasi properti paling menjanjikan ini memang butuh pengawasan penuh baik dengan atau tanpa ibu kos. Kalau Anda jauh, setidaknya rutinlah bertanya pada ketua anak kos atau menengok kondisinya dalam kurun waktu tertentu. Jangan lupa untuk meminta bantuan petugas keamanan setempat untuk mengawasi sekaligus menjaga keamanan rumah kos Anda.

 

You can share this post!

Comments