• Indonesia
Bisnis Rongsokan, Dari Barang Bekas Jadi Berkualitas
Peluang Usaha

Bisnis Rongsokan, Dari Barang Bekas Jadi Berkualitas

Rongsokan yang identik dengan kotoran dan sampah kerap dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Tak heran jika akhirnya bisnis rongsokan, sangat sedikit peminatnya namun, karena sedikit peminat tersebut maka bisnis rongsokan bisa mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Sebenarnya, jika kamu tertarik untuk bisnis rongsokan atau barang bekas, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Mulai dari sampah kertas, besi, karet dan sebagainya semua sampah tersebut boleh dilebur dan akhirnya dibuat material baru lagi. Jika kamu melakukan dengan benar dan memiliki ide kreatif, maka rongsokan bisa kamu sulap jadi bahan berharga.

Cara Mengelola Bisnis Rongsokan Dengan Baik

Bagi para pemula yang ingin memperdalam bisnis ini, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut. Cara ini, sudah terstruktur tahapannya sehingga kamu bisa mengikutinya dengan mudah:

1. Proses Mencari Rongsokan

Untuk mengumpulkan rongsokan, kamu bisa mencari jasa para pemulung untuk mencari di sekitar tempat pembuangan. Kamu bisa juga mencari di perumahan, asal diberikan izin dan membayar rongsokan dengan harga sesuai.

2. Mengkategorikan Rongsokan

Supaya lebih mudah untuk memproses rongsokan, kamu bisa menyatukan rongsokan ke dalam beberapa kategori. Hal ini memudahkan kamu untuk melebur bahan dan ingin menjadikannya sesuatu yang baru, tanpa pusing memilih jenis rongsokannya lagi.

Jika kamu berniat untuk menjual rongsokan lagi pun, kamu tidak perlu kesulitan karena rongsokan sudah sesuai kategori. Pisahkan ke beberapa tempat atau paling tidak siapkan plastik berbeda warna untuk tiap jenis sampah.

3. Tahapan Pemasaran

Selanjutnya, kamu bisa menjual rongsokann utuh maupun yang sudah dilebur kepada para pengepul. Jika kamu sudah mendapatkan banyak rongsokan kamu juga bisa menjual dengan skala besar kepada perusahaan untuk di daur ulang.

Pastikan kamu tahu mengenai harga setiap rongsokannya, karena setiap rongsokan memiliki nilai jual masing-masing. Harga pasar harus kamu ketahui dengan cara bertanya langsung.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan

Nah, sekarang saatnya untuk tahu apa saja tips supaya rongsokanmu sukses dengan keuntungan ratusan juta perbulan. Cara ini terbilang sangat unik dan jarang dilakukan. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Bersaing Harga Beli Rongsokan

Para pemulung pasti ingin mendapat uang lebih banyak untuk hasil rongsokan yang dikumpulkannya. Kamu bisa menyiasati dengan memberikan harga terbaik supaya para pemulung mau berlangganan denganmu.

2. Lakukan Pendekatan Dengan Para Pemulung

Profesi yang kerap direndahkan ini sangat layak untuk kita apresiasi, karena tanpa jasanya maka banyak tempat umum yang kotor. Kamu bisa melakukan pendekatan dengan para pemulung supaya mendapat rongsokan untuk kamu kelola kembali.

3. Cara Memasarkan Rongsokan

Semua barang yang dijual meskipun berkualitas tinggi jika pemasarannya kurang bagus maka tidak akan laku terjual. Bagaimana cara kamu memasarkan rongsokan sangat penting.

Kamu bisa promosi lewat media sosial agar lebih kekinian. Saat ini masih jarang penjual rongsokan yang memanfaatkan kemajuan tekhnologi untuk promosi, padahal cara ini dikenal sangat ampuh.

4. Tidak Malu

Yang paling penting, jangan pernah malu atau gengsi dengan pekerjaanmu. Apapun yang kamu kerjakan jika itu di jalan yang benar, maka jangann sampai malu. Untuk apa malu hanya karena jual rongsokan yang ternyata memiliki keuntungan jutaan rupiah per bulannya.

Jadi, sudah siap untuk mulai bisnis rongsokan? Jika memang sudah siap maka kamu bisa langsung memulai dengan langkah di atas. Untuk meningkatkan penghasilan kamu bisa menjalankan beberapa tips di atas supaya nantinya, usaha rongsokanmu laku keras.

You can share this post!

Comments