Bisnis E-Commerce Bisa Jadi Pusat Kegiatan Ekonomi RI di 2020

e-commercePertumbuhan sektor e-commerce di Indonesia diyakini akan dapat menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, dalam rentan waktu lima tahun terakhir masyarakat telah mulai beralih dari perdagangan konvensional kepada perdagangan online.

Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, perkembangan ini harus dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, potensi e-commerce pada tahun 2020 dapat mencapai USD130 miliar. Sehingga, apabila potensi ini dimanfaatkan, bukan tidak mungkin bahwa pada tahun 2020 sektor e-commerce dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kadin melihat digital ekonomi e-commerce akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Tahun ini potensinya USD 24 miliar dan pada tahun 2020 mencapai USD130 miliar,” kata Roeslan dalam acara pengukuhan Dewan Pengurus Kadin di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Untuk memanfaatkan potensi ini, lanjutnya, pemerintah perlu memberikan insentif terhadap pelaku e-commerce di Indonesia. Khususnya untuk start up, Kadin menegaskan bahwa pemerintah harus membebaskan pelaku usaha start up dari sektor pajak.

“Presiden Joko Widodo menargetkan akan bentuk 1000 Teknopreneur. Ini jangan dikasih pajak,” tandasnya. (Okezone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *