Microsoft Beli LinkedIn Seharga Rp340,6 Triliun

indexJakarta – Perusahaan raksasa teknologi, Microsoft Inc, akan membeli platform sosial profesional LinkedIn dengan harga USD26,2 miliar atau Rp340,6 triliun jika mengacu kurs Rp13.000 per USD. Artinya, saham LinkedIn akan dihargai USD196 per saham.

Saham LinkedIn melonjak 47 persen setelah pengumuman tersebut, mendekati USD193, sedangkan saham Microsoft turun 3,2 persen. Saham Microsoft sempat disuspensi karena berita tentang kesepakatan tersebut keluar lebih lama dari jadwal.

Moody Investors Service menyematkan rating “AAA” untuk Microsoft, artinya downgrade akibat kesepakatan tersebut. Sementara Standard & Poor (S&P) tetap memasang peringkat perusahaan tersebut di level “AAA”, dan mengatakan mereka mempertahankan peringkat perusahaan di outlook stabil.

Meski telah diambil Microsoft, Jeff Weiner akan tetap menjabat sebagai CEO LinkedIn dan akan berada di bawah CEO Microsoft Satya Nadella. Kesepakatan itu sudah disetujui para pemegang saham Microsoft, dan diharapkan dapat closing pada akhir tahun. Namun, akuisisi ini masih menunggu persetujuan pemegang saham LinkedIn dan regulator.

“Tim LinkedIn telah berkembang bisnis yang fantastis yang berpusat pada para profesional di dunia kerja,” kata Nadella dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari CNBC, Selasa (14/6/2016).

“Dengannya (Microsoft) kita bisa mempercepat pertumbuhan LinkedIn serta Microsoft Office 365 dan Dynamics, dan kita berharap daapat memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini,” tambah dia.

Sebelumnya, beberapa analis telah berspekulasi bahwa Microsoft mungkin membeli Salesforce.com untuk bermain di bisnis Cloud. Feinseth mengatakan kesepakatan dengan Salesforce.com masih berpotensi terealisasi.

“Microsoft memiliki sumber daya, uang tunai, neraca dan kemampuan pinjaman untuk memperoleh lebih banyak lagi,” katanya.

Saham LinkedIn mencapai puncaknya tahun lalu di USD258,39. saham turun lebih dari 14 persen secara year to date, dan 10 persen pada tahun lalu.

LinkedIn, yang memiliki lebih dari 400 juta anggota, mengakuisisi perusahaan pendidikan online Lynda.com April lalu, dan meluncurkan versi baru dari produk Recruiter tahun ini.

Saham Microsoft diperdagangkan mendekati USD50, turun dari level tertinggi 52 mingguan mereka di USD56,85. saham perusahaan besutan Bill Gates tersebut telah memperoleh laba lebih dari 8 persen dibanding tahun lalu.[red/oke]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *