• Indonesia
Butuh Modal ? Lebih Baik Meminjam Uang ke Bank Daripada Rentenir
Keuangan

Butuh Modal ? Lebih Baik Meminjam Uang ke Bank Daripada Rentenir

Direktur Pembiayaan dan Kerjasama, Pusat Intervestasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan, Nur Hidayat, mengatakan salah satu tantangan utama bagi pengembangan usaha mikro adalah akses permodalan.

Menurut dia, meskipun koperasi sudah sangat menjamur, tapi keberadaan koperasi belum dapat menjadi solusi permodalan. Sebab, belum banyak koperasi yang menawarkan pinjaman dalam skala kecil bagi pelaku usaha mikro.

"Dengan portofolio kecil-kecil, butuh keahlian sendiri. Ada koperasi syariah, tapi kita lihat portofolio kecil-kecil untuk membiayai mbok-mbok (pelaku usaha mikro) sedikit sekali. Portofolionya besar-besar 50 juta, 100 juta. Jadi dia tidak punya keahlian itu," kata Nur.

Inilah yang menjadi penyebab masih banyaknya pelaku usaha mikro di Indonesia yang lebih memilih menarik pinjaman untuk modal usaha dari rentenir. "Kita turun tanyakan, 75 persen responden katakan. Mereka katakan (meminjam) ke rentenir. Koperasi masih sangat sedikit," jelas Nur.

Ia mengatakan, mesikpun rentenir harus dilawan, tapi ada beberapa hal positif yang seharusnya dapat pelajari oleh lembaga penyalur modal, terutama terkait akses dan kemudahan memperoleh pinjaman.

"Rentenir itu ngga pakai jaminan. Kalau dia (pelaku usaha) minta pembiayaan, minta sekarang, kasih sekarang. Nggak usah isi formulir, nggak usah disurvey, tapi lancar. NPL-nya kan nol koma. Kalau ada koperasi yang bisa begini, PIP akan hadir," tegas Nur.

Memang modal merupakan syarat utama yang harus dipersiapkan saat hendak memulai sebuah usaha. Tanpa modal yang cukup, laju usaha mungkin akan mengalami kendala di kemudian hari. Sebetulnya, salah satu hal yang paling banyak dilakukan adalah dengan pinjman uang di bank sebagai modal.

Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, bahkan ada usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Akan tetapi di era globalisasi ini, banyak sekali usaha yang membutuhkan modal cukup besar. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan penting bagi para calon pebisnis yang ingin membuka usahanya.

Banyak dari para calon pembisnis yang mengurungkan niatnya untuk membuka usahanya tersebut karena tidak memiliki modal yang cukup. Tapi jika calon pebisnis yang ingin membuka sebuah usaha baru, tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan modal usaha. Sebab ada banyak sekali alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha tersebut.

Seperti mengajukan pinjaman uang ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan meyakinkan pihak bank untuk memberikan pinjaman uang. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya, pihak bank biasanya akan mempertimbangkan eberapa hal yang menayngkut data calon peminjam.

Oleh karena itu pastikan bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan mengajukan pinjaman tersebut. Yakinkan pihak bank dengan cara merinci dengan sejelas-jelasnya tujuan usaha. Jelaskan pada pihak bank jika jenis usaha yang akan dijalankan memiliki prospek bagus di masa mendatang.

You can share this post!

Comments