• Indonesia
Butuh Uang Cepat ? Pahami Prosedur Meminjam Uang Di Bank
Artikel

Butuh Uang Cepat ? Pahami Prosedur Meminjam Uang Di Bank

Harianekonomi.com - Prosedur meminjam uang di bank. Bagi sebagian orang kebutuhan semakin hari semakin meningkat, bukan hanya soal kebutuhan biaya pendidikan anak saja, melainkan kebutuhan penting lainnya juga menjadi dasar kenapa banyak orang membutuhkan dana tambahan. Meminjam uang merupakan salah satu solusi yang paling tepat jika benar-benar sudah mentok dan bingung untuk mendapatkan uang dari mana.

Salah satu tempat peminjaman uang paling paling banyak di datangi oleh masyarakat tidak lain adalah Bank. Bank adalah tempat menitipkan dan meminjamkan uang, untuk meminjam uang di bank juga dibutuhkan beberapa persyaratan terkait dengan kelengkapan dokumen-dokumen penting hingga beberapa persyaratan seperti agunan yang harus dijadikan jaminan bagi setiap bank.

Bagi seorang peminjam dana tentu persyaratan dengan adanya jaminan ini cukup berat karena kemungkinan besar barang yang akan dijadikan jaminan tidak ada, Di tambah lagi beberapa Bank memang memberikan beberapa jenis jaminan yang hanya bisa digunakan seperti Setifikat Rumah, SK Keguruan hingga jaminan surat kendaraan.

Lantas bagaimana cara untuk meminjam dana tanpa jaminan ? berikut ini adalah ulasan prosedur peminjaman dana di bank tanpa jaminan.

Prosedur meminjam dana di bank

  1. Kelengkapan Dokumen Yang pertama adalah masalah kelengkapan dokumen, kelenkapan dokumen ini penting untuk anda siapkan. Biasanya pihak Bank akan meminta anda untuk menyiapkan beberapa dokumen penting seperti KTP ( Kartu Tanda Penduduk ), KK ( Kartu Keluarga ), Slip Keterangan Gaji, NPWP, Dan surat-surat lain yang dibutuhkan bank sebagai salah satu persyaratan dalam peminjaman dana. Dokumen-dokumen ini biasanya tidak akan ditahap oleh Bank, melainkan hanya di salin untuk dijadika dokumen peminjaman uang.
  2. Bertemu dengan Bagian Customer Service Tahap berikutnya dari prosedur peminjaman dana di Bank adalah dengan menemui pihak CS atau Customer Service, Pihak CS akan meminta anda menunjukkan beberapa kelengkapan seperti dokumen-dokumen yang sudah di siapkan diawal, sebelum itu katakan terlebih dahulu tujuan anda datang ke bank untuk apa. Katakan bahwa anda ingin meminjam dana cepat tunai. Biasanya ada beberapa jenis seperti Pinjaman Dana Usaha atau Pinjaman Biaya Pendidikan anak, Jelaskan secara rinci tujuan dan maksud peminjaman dana ini untuk apa. Setelah itu serahkan semua dokumen yang di syaratkan kepada Teller untuk di cek.
  3. Menunggu Konfirmasi Setelah anda bertemu dengan CS, Biasanya anda akan minta terlebih dahulu untuk menunggu. Tips untuk mempercepat peminjaman yaitu anda tidak mempunyai masalah peminjaman di luar Bank tersebut, atau masuk ke daftar Hitam. Bila sebelumnya anda sudah masuk ke daftar hitam, kemungkinan besar anda tidak bisa meminjam uang di bank. Perlu anda ketahui bahwa setiap bank memiliki koneksi dengan bank lain untuk mendapatkan informasi terkait dengan nasabah yang banyak memiliki denda atau tidak bertanggung jawab dalam proses pengembalian dana. Ini penting untuk kita ketahui, bahwa proses peminjaman dana akan lebih sulit jika sudah masuk daftar hitam.
  4. Pihak Bank Akan Melakukan Survey Yang berikutnya biasanya Pihak bank sendiri akan langsung mengutus pihak yang bersangkutan untuk melakukan survey ke rumah nasabah yang meminjam dana. Survey ini dilakukan bukan untuk mengambil informasi rumah anda. Melainkan ingin melihat tanggapan tetangga anda, kemudian kehidupan anda dan lain-lain. Jika sudah lolos survey, Maka pihak bank akan memanggil anda kembali untuk proses penyerahan dana. Sampai disini tahap peminjaman dana di bank sudah selesai. Semoga bermanfaat.

You can share this post!

Comments