• Indonesia
Cara Cerdas Supaya Mahasiswa Tidak Bokek Melulu!
Artikel

Cara Cerdas Supaya Mahasiswa Tidak Bokek Melulu!

Mahasiswa itu selalu terkesan bokek ya! Bagaimana tidak, kebutuhan sudah meningkat tetapi belum mampu mencari uang sendiri. Kalau menunggu kiriman dari orang tua juga masih lama. Sekali sebulan euy! Mau belanja tidak bisa. Mau makan pun harus di warteg. Mahasiswa memang tidak bisa hura-hura.

Eits, sekarang sudah bukan lagi waktunya mengeluh. Sebagai kaum cendikia, harusnya mahasiswa bisa dong mencari uang sendiri. Lalu apa yang bisa dilakukan mahasisw agar mampu berdaya secara ekonomi? Tenang, kita akan bahas secara tuntas dalam artikel ini. Jadi tidak lagi ada mahasiswa bokek setelah ini.

Supaya Mahasiswa Tidak Lagi Bokek

Ada banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa. Ketika kamu menginjak tingkat mahasiswa, ada banyak sekali kesempatan yang bisa kamu miliki. Bahkan kamu bisa mempelajari apapun untuk bekal ketika sudah lulus nanti.

Sembari di kampus belajar dan berorganisasi, kamu bisa bekerja sampingan pula lho! Sehingga kamu bisa sekadar makan enak dan belanja sesuai keinginan dari uang bekerja itu. Tidak harus menunggu uang kiriman bulan depan.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan mahasiswa agar tidak bokek melulu? Simak cara-caranya di bawah ini:

  1. Menjadi Guru Les Privat

Lowongan guru les privat itu melimpah lho! Kendati sudah ada aplikasi mengajar online itu, tetapi masih banyak orang tua mempercayakan guru les sebagai pendamping anak-anaknya belajar. Ini peluang besar untuk kamu.

Kamu bisa melangkah dengan mendaftarkan diri di bimbel terlebih dulu. Setelah mendapat murid, kamu bisa mempromosikan diri. Bisa lewat orang tua murid pertama itu, atau bisa langsung terjun di sosial media.

Menjadi guru les itu sangat menyenangkan. Karena tidak butuh waktu lama dalam mengajar dan hasilnya lumayan untuk jajan.

  1. Menjadi Freelancer

Kamu memiliki bakat dalam gambar, desain, maupun menulis? Kamu bisa menjadi freelancer dengan bakat-bakat itu. Coba kamu cek berbagai website, disana terdapat banyak sekali lowongan untuk tenaga freelancer.

Kamu bisa apply pekerjaan maupun membuka agensi sendiri. Nanti klien akan menemukanmu dan order pekerjaan darimu. Pekerjaan ini lebih keren lagi karena kamu bisa sesuka hati menerima dan menolak pekerjaan.

Dan nanti dalam jangka panjang, kamu bisa menjadi tenaga profesional pula. Karena pekerjaan yang kamu lakukan sembari kuliah akan menjadi fortofolio penting.

  1. Berjualan Online

Ini adalah salah satu cara cerdik yang harus kamu lakukan. Kamu bisa menjual berbagai produk bahkan tanpa modal. Cuma modal hape dan kuota internet doang kamu sudah bisa berjualan.

Kalau kamu sukses menjual produk tertentu bukan mustahil kelak kamu memiliki toko sendiri. Jadi masa ketika mahasiswa ini bisa menjadi masa penjajakan yang tepat untukmu.

  1. Menjadi Asisten Dosen

Kamu cukup dekat dengan dosen? Mengapa tidak ajukan diri sebagai asisten dosen saja? Kamu bisa membantu dosen dalam hal mengajar maupun membantu penelitian. Kamu akan mendapat cukup uang dari kegiatan ini lho!

Selain itu, dengan menjadi asisten dosen, kamu bisa menjamin langkahmu untuk lulus dipermudah. Jadi segera dekati dosen-dosen incaran ya!

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa supaya tidak terkesan bokek melulu. Kamu akan bokek ketika kamu tidak bergerak dan hanya berharap mendapat kiriman dari orang tua.

Selama fisik dan tenaga masih sedemikian kuat, mengapa tidak bekerja sampingan saja? Mumpung masih luang waktu pula! Semoga berhasil ya!

You can share this post!

Comments