• Indonesia
Cara Memperbaiki Track Record yang Buruk di Bank Indonesia
Keuangan

Cara Memperbaiki Track Record yang Buruk di Bank Indonesia

Untuk memenuhi gaya hidup yang terus meningkat di era sekarang, melakukan pinjaman di bank atau lembaga perkreditan adalah hal yang wajar. Misalnya pengajuan dana untuk membeli rumah, tanah, atau mobil adalah hal yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang. Tak hanya itu, bank juga bisa memberikan pinjaman berupa dana tunai atau pemberian kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan.

Namun proses peminjaman Anda bisa tersendat ketika Anda masuk dalam daftar hitam di Bank Indonesia. Track record Anda yang buruk, seperti pernah mengalami kredit macet, akan menjadikan Anda gagal dalam memperoleh pinjaman. Perlu diketahui bahwa sebelum mengajukan pinjaman dana, bank akan mengecek melalui BI Checking untuk melihat rapor perkreditan Anda. Jika bagus, maka bank akan mudah melakukan pencairan dana untuk Anda. Namun jika buruk, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam memperoleh dana.

Untuk itulah Anda perlu mengembalikan nama baik Anda di Bank Indonesia agar Anda bisa dipercaya kembali oleh pihak bank. Tentu ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengajukan pinjaman.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan lagi track record Anda yang buruk di Bank Indonesia.

 

  • Pahami dan pelajari lagi kriteria 5C yang ditentukan oleh Bank Indonesia

 

Setiap kali Anda mengajukan pinjaman dana ke bank-bank yang ada di Indonesia, maka secara otomatis data Anda akan masuk ke dalam data Bank Indonesia. Setiap debitur akan diberi peringkat atau ranking versi BI. Debitur yang selalu bisa membayar kreditnya dengan lancer akan masuk dalam peringkat pertama, namun debitur yang mengalami kredit macet akan masuk ke dalam peringkat ke-5. Biasanya debitur di peringkat ini akan masuk dalam daftar hitam dan tak diberi kesempatan untuk mengajukan pinjaman lagi.

Untuk menjadi debitur yang baik dan bisa beraa di peringkat atas, Anda juga harus memenuhi kriteria 5C dari BI yang meliputi Character, Capacity, Collateral, Condition, dan Capital. Jika Anda masuk dalam kriteria ini, maka semua bank akan bersedia memberikan pinjaman untuk Abda.

 

  • Ketahui rapor kredit dan mengurusnya segera

 

Untuk mengetahui posisi rapor kredit Anda, Anda perlu mengurusnya segera dengan datang ke Gerai Bank Indonesia. Disana BI akan memeriksa peringkat Anda melalui database yang sudah terekam. Anda pun akan segera mengetahui nilai rapor kredit Anda dan segera memperbaikinya.

 

  • Memperbaiki rapor kredit

 

Untuk rapor kredit Anda yang buruk karena pernah mengalami kredit macet, Anda harus memperbaikinya agar bisa mengajukan pinjaman di bank lagi. Misalnya jika Anda berada di peringkat ketiga, maka Anda bisa melunasi hutang Anda atau bernegosiasi ulang dengan pihak kreditur untuk masalah jangka waktu pembayaran. Namun jika Anda sudah berada di peringkat kelima, maka mau tak mau Anda harus segera melunasi seluruh hutang Anda untuk memperbaiki reputasi.

Jika ketiga langkah tersebut sudah Anda lakukan dan hutang Anda sudah lunas, maka BI akan mengecek kembali dan rapor kredit Anda bisa naik secara perlahan. Jika Anda memiliki kriteria yang sesuai dengan BI, maka bukan tak mungkin Anda akan menduduki peringkat atas untuk rapor Anda.

Pada dasarnya memperbaiki rapor kredit adalah kewajiban Anda. Dengan keluar dari daftar hitam BI, maka Anda bisa lagi memperoleh kepercayaan untuk meminjam lagi di bank manapun karena perbaikan dan pemulihan yang sudah Anda lakukan.



You can share this post!

Comments