• Indonesia
Cari Tahu Keuntungan Usaha Kontrakan, Cara Cerdas Dapat Penghasilan dengan Santai
Properti

Cari Tahu Keuntungan Usaha Kontrakan, Cara Cerdas Dapat Penghasilan dengan Santai

Banyak orang bermimpi mendapatkan penghasilan tetap dengan bekerja pada perusahaan, lembaga atau menjadi PNS. Padahal, kalau kita berpikir luas, penghasilan tetap ini bisa kita ciptakan sendiri, loh! Mau tahu caranya? Pernahkah Anda mendengar atau tahu besarnya keuntungan usaha kontrakan?

Properti sewa yang sedang banyak dicari ini, hampir selalu laris manis di pasaran. Bagaimana tidak, tiap tahun permintaan rumah terus melonjak naik, sedangkan ketersediaan tanah kian menurun. Ditambah lagi besarnya kebutuhan hidup sehingga proses menabung kadang kala terhambat. Namun, tekad untuk memiliki rumah tetaplah kuat.

Keuntungan Usaha Kontrakan Bisa Menjamin Hidup Sampai ke Anak Cucu!

Daripada harus hidup numpang di rumah orang tua, banyak pasangan suami istri yang kemudian memilih rumah kontrakan atau sewaan. Baik itu di perkotaan maupun pedesaan, pencari rumah kontrakan ada dimana saja. Jadi, jangan pesimis dan dapatkan keuntungan membuka usaha kontrakan di bawah ini!

1. Penghasilan Bulanan

Tipe kontrakan bulanan biasanya banyak diminati oleh pekerja muda atau karyawan yang notabene masih hidup sendiri. Tipe kontrakan ini umumnya berupa rumah petak yang di dalamnya hanya memuat kamar tidur dan kamar mandi. Tapi, ada juga yang menyertakan dapur. Kontrakan petakan banyak terdapat di kota besar, pusat bisnis dan perekonomian.

Dengan membangun kontrakan petakan yang biayanya per bulan, maka Anda berpotensi mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya. Rata-rata besarnya biaya kontrakan per bulan mulai dari Rp 350.000 untuk tipe sederhana dan Rp 500.000 untuk tipe standar.

2. Investasi Tahunan

Kontrakan rumah yang pembayarannya pertahun bisa dijadikan investasi jangka panjang. Selain dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hasil dari usaha kontrakan tahunan bisa kamu gunakan sebagai investasi. Misalnya untuk deposito, investasi emas atau menambah properti di tempat lain.

Investasi ini sangat penting untuk bekal masa depan. Terutama saat sudah menginjak usia senja, dimana kemampuan tubuh untuk bekerja mulai menurun. Sedangkan pemenuhan kebutuhan hidup harus terus berjalan.

3. Bebas Biaya Perawatan dan Listrik

Keuntungan usaha kontrakan berikutnya ialah terbebas dari perihal perawatan rumah, seperti menyapu, mengepel dan bebenah agar rumah terlihat rapi, serta bebas biaya listrik baik berupa tagihan maupun token. Penyewalah yang nantinya bertanggung jawab atas hal tersebut. Jadi, sudah sewajarnya Anda sebagai pemilik kontrakan berterima kasih kepada penyewa karena telah merawat dan menjaga rumah Anda dengan baik.

Namun, bukan berarti Anda lepas tanggung jawab begitu saja! Jika sewaktu-waktu ada kerusakan rumah yang mana bukan disebabkan oleh tindakan penyewa, maka Anda wajib memperbaikinya. Seperti genteng bocor, pipa bocor, saluran air tersumbat dan lain sebagainya. Jadi, meski disewakan tetap ada kerja sama antara kedua belah pihak.

4. Usaha Turun Temurun

Orang tua kerap kali ingin membekali anaknya dengan usaha atau bisnis tertentu. Sehingga kelak ketika mereka sudah lulus sekolah dan siap bekerja, tak perlu pusing lagi mencari pekerjaan jauh-jauh, cukup meneruskan usaha orang tuanya!

Nah, kontrakan ini termasuk jenis usaha turun-temurun yang recommended karena tidak ada masa kadaluwarsanya. Yang terpenting Anda dan keturunan Anda harus pandai mengelola keuangan supaya properti yang ada tetap terjaga dan malah bertambah!

Itulah beberapa keuntungan usaha kontrakan yang selalu bersinar sepanjang tahun dan bebas expired! Hal utama yang perlu Anda lakukan ialah memahami teknik dasar berwirausaha dan strategi yang tepat dalam memasarkan kontrakan supaya laku keras di pasaran!

You can share this post!

Comments