• Indonesia
Dipecat atau Pensiun, Pelajari Metode Saham Seperti ini
Investasi

Dipecat atau Pensiun, Pelajari Metode Saham Seperti ini

Di masa kini, banyaknya pemecatan serta rendahnya jaminan pensiun membuat banyak orang mencari metode untuk menginvestasikan dana yang dimiliki dan membuat dana tersebut bekerja untuk mereka. Dalam hal ini, investasi pasar saham merupakan salah satu yang bisa ditempuh. Tidak butuh modal yang terlalu besar untuk berinvestasi dan dengan bekal pengetahuan, maka setiap orang memiliki potensi untuk sukses.

Langkah pertama menuju sukses investasi saham adalah menemukan pialang atau broker saham yang handal dan berpengalaman. Di masa kini, setiap orang bisa membuka rekening di broker saham handal saja belum cukup untuk meraih sukses. Investor pasar saham profesional memahami bahwa mereka tidak bisa menghasilkan uang dnegan cepat bila hanya berinvestasi saham demi dividen.

Trading saham dengan mengincar capital gain adalah satu-satunya cara yang mungkin menghasilkan keuntungan dengan cepat di pasar saham. Perbedaan antara investasi dan trading saham adalah keterlibatan dan pemahaman bagaimana pasar saham bekerja, perubahan musiman di pasar saham, level tinggi dan rendah saham-saham tertentu, swing trading dan lain sebagainya.

Trading pasar saham berfokus pada pembelian saham dengan margin rendah tertentu dan menjualnya pada margin yang lebih tinggi. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ini tips paling top untuk cepat sukses investasi.

Pahami Dasar-dasar Investasi Saham

Perlu dicermati bahwa setiap saham memiliki karakteristik berbeda sehingga trader saham harus menggunakan pendekatan yang berbeda-beda pula. Tanpa memahami dasar-dasar investasi saham, tidak bisa bertahan lama. Sebaliknya, pengabaian pada dasar-dasar tersebut malah menempatkan seluruh dana dalam bahaya kerugian besar. Salah satu pendekatan terbaik untuk dipelajari adalah filosofi Warren Buffet tentang menjadi seorang investor.

Warren Buffet tidak sekadar berkoar-koar membuat prinsip-prinsip investasinya, melainkan menjalankan prinsip-prinsip tersebut setiap hari. Jika pengetahuan terkait dasar-dasar pasar saham masih terbatas, maka jangan rugi untuk membeli buku-buku untuk pemula yang ditulis investor-investor terkemuka seperti Warren Buffet.

Memahami Perbedaan

Buku-buku Warren Buffet, umumnya berisi strategi dan tips bagaimana menaklukan pasar saham dengan membaut keputusan cerdas di saat yang tepat. Buku-buku tersebut tidak perlu diperlakukan seperti aturan yang saklek. Bisa menggunakannya seabgai refernsi untuk mengembangkan metode. Sebelum terjun ke dunia investasi saham yang bervolatilitas tinggi, perlu memahami kedua tipe analisa.

Analisa teknikal bertujuan mengevaluasi saham dengan fokus pada harga dan volume. Sedangkan analisa fundamental berpusat pada pengetahuan mendalam mengenai tren saham dan ekonomi, serta kemampuan menganalisa chart dan data finansial. Jika tidak familiar dengan analisa-analisa tersebut, maka pelajarilah keduanya sebelum membeli saham apapun.

Berhati-hati dengan Saham Rendah

Jika termasuk investor berkantong tipis, maka pahamilah bahwa saham-saham tertentu yang berharga rendah itu bisa jadi justru berisiko tinggi karena kurangnya informasi dan performa secara historis. Bisa kehilangan seluruh modal awal bila ikut serta berjual beli saham tanpa sistem trading bagus. Sebelum membeli, pelajari perusahaan asal saham-saham berharga rendah tersebut secara menyeluruh.

Jika menemui kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai suatu perusahaan, maka tinggalkan saja sahamnya. Jangan bertaruh atau pun menanamkan uang pada kucing dalam karung. Dibutuhkan waktu lama dan keterlibatan mendalam untuk berinvestasi pada saham-saham berharga rendah.

 

 

You can share this post!

Comments