Inilah Saran Word Bank Agar Pertumbuhan Ekonomi RI Meningkat

imagesJakarta – World Bank menyarankan Indonesia jangan lagi mengandalkan kekayaan sumber daya alam (SDA) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

World Bank juga menegaskan, diversifikasi mendesak dilakukan terhadap ekonomi Indonesia. Jangan lagi mengandalkan sektor komoditas yang harganya kian hari semakin menurun.

“‎Indonesia lebih baik memilih diversifikasi terhadap ekonomi mereka dan tidak tergantung pada komoditas. Negara ini memiliki pilihan dan ada kesempatan. Kita bisa memberikan saran bagaimana negara ini bisa revitalisasi sektor (manufaktur) tersebut dengan meningkatkan produktivitas SDM, dan mengurangi biaya logistik,” papar Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves di Kementerian Perdagangan, Senin (20/6/2016).

Dia menegaskan, Indonesia sekarang ini tidak bisa lagi bertumpu pada sektor manufaktur karena pertumbuhan sektor ini sangat minim.

“‎Sektor manufaktur serta jasa di negara ini dapat memberikan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dan berupah tinggi. Indonesia sendiri pada 1990-an saat itu kuat dalam manufaktur. Saat itu Indonesia melihat manufaktur mereka tumbuh 11 persen per tahun. Sayangnya, saat ini sektor manufaktur jauh lebih kecil sekitar 4 persen per tahun,” tambahnya.[red/ok]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *