PGAS Akan Bangun Jaringan Pipa Gas Sepanjang 1680 Km

PGNPerusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akan menambah pipa gas bumi sepanjang 1.680 km. Untuk saat ini total keseluruhan pipa transmisi dan distribusi yang difungsikan oleh PGAS adalah 7.026 km atau mencakup 76 persen pipa gas bumi di seluruh Indonesia.

Proyek yang akan dicanangkan pembangunannya tahun 2016 tersebut akan dilakukan di berbagai daerah seperti proyek pipa transmisi akses terbuka (Open Access) Duri- Dumai-Medan, pipa transmisi Open Access Muara Bekasi- Semarang, pipa distribusi batam (Nagoya) WNTS-Pemping, serta pipa distribusi gas bumi di wilayah yang sudah ada dan di wilayah baru. Pembangunan pipa gas yang open access untuk mendukung
penggunaan gas bumi menyusul program konversi bahan bakar minyak (BBM) yang dicanangkan pemerintah.

Rencana pembangunan penambahan pipa gas bumi sepanjang 1.680 ini tidak menggunakan sumber dana yang berasal dari APBN melainkan memanfaatkan investasi pihak PGAS sendiri, jadi proyek besar ini tidak akan mengganggu APBN.

Disamping itu, jika proyek pembangunan pipa gas ini sudah selesai, diperkirakan sekitar tahun 2019, PGAS bisa menyalurkan gas sebesar 1.591 juta kubik per hari. Pembangunan ini juga akan berdampak pada penghematan perusahaan perseroan sebesar Rp 88,03 triliun per tahun. (Seputar Forex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *