• Indonesia
Fadli Zon: Kita Nggak Punya Infrastruktur
Berita

Fadli Zon: Kita Nggak Punya Infrastruktur

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, menganggap pernyataan Ma'ruf Amin, Calon Wakil Presiden 01, yang membanggakan Jokowi telah membangun infrastruktur langit. Fadli mengingatkan kembali janji Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), soal buyback Indosat.

Bila Indonesia memiliki Indosat, maka juga memiliki infrastruktur langit. "Biasa ya klaim-klaim itu, Palapa Ring betul ngga yang dikerjain Jokowi? Coba diperiksa. Dan itu menurut saya kegagalan Jokowi untuk mengembalikan Indosat," kata Fadli.

Persoalannya, wacana buyback Indosat hanya janji omong kosong. "Katanya mau buyback Indosat, mana janji buyback Indosat itu? Jadi kalau buyback Indosat, kita punya karena kita punya satelit di Indoesat itu karena janji-janji kosong soal buyback Indosat," kata Fadli.

Sebelumnya, Ma'ruf memaparkan prestasi Jokowi dalam debat. Menurut Ma'ruf, saat ini pemerintah Jokowi mampu menurunkan pengangguran ke level terendah. "Kita nggak punya infrastruktur kalau mau menyebut satelit sebagai infrastruktur langit," kata Fadli.

Saat ini, Ma'ruf mengatakan pemerintah terus mendorong membangun infrastruktur untuk menopang kesejaterahan rakyat. Bukan hanya infrastruktur darat, laut dan udara, Ma'ruf bahkan menyebutkan pemerintah telah membangun infrastruktur langit.

Yang dimaksud infrastruktur laingit adalah adanya satelit Palapa Ring. "Tingkat pengangguran kita sangat rendah, antara 5,30 sampai 5,13 persen. Terendah selama 20 tahun," kata Ma'ruf.

Sementara itu, selain infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabpaten Lampung Utara lima tahun ke depan. "Kami sedang susun rencana dan strategi peningkatan SDM yang lebih baik," ujar Syahrizal Adhar, Kepala Bappeda Lampung Utara.

Selama lima tahun ke belakang, Pemkab Lampung Utara telah meningkatkan sarana infrastruktur dan juga kesehatan, pendidikan serta keamanan. Saat ini, pembangunan infrastruktur telah mencapai 74 persen jalan layak bagi masyarakat di 23 kecamatan.

Saatini, Pemkab Lampung Utara tengah meningkatkan SDM masyarakat agar didapat manfaat hasil pembangunan selama ini. "Pelayanan kesehatan baik, pendidikan gratis, keamanan masuk dalam Windu Cita Bupati," ujar Syahrizal.

Dengan potensi alam dan geografis, serta dukungan pemerintah pusat dan provinsi, Kabupaten Lampung Utara bisa menjadi lebih baik. Selain peran aktif pemerintah daerah, pemerintah desa juga harus mampu bersinergi dengan mengambil manfaat dana desa dari pemerintah pusat.

Untuk itu, dalam peningkatan SDM, Pemkab Lampung Utara bakal menggalakan pelatihan dan bimbingan teknis tentang pengelolaan bahan mentah menjadi siap konsumsi. "Yang terpenting juga dukungan elemen masyarakat," kata Syahrizal.

You can share this post!

Comments