Sentimen Negatif Brexit Mulai Berbalik

bursa efekJakarta – Indeks Dow Jones Industrial semalam bangkit dari koreksi lebih dari 100 poin dan akhirnya ditutup menguat 92,93 poin (+0,53 persen) di level 17,733,10.

Menurut Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo, Jumat (17/6/2016) kenaikan dari indeks DJI ini sebagai akibat dari meredanya sentimen negatif dari isu Brexit.

Meski posisi penutupan dari indeks DJI tersebut signalnya belum positif, karena belum mampu menembus resisten pertama di kisaran 17.750 17.800.

Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini sudah melenggang diatas resisten pertamanya. Indeks HIS pagi ini sudah running diatas resisten pertama di 20.175.

Kemarin, Bank Indonesia (BI) menurunkan BI Rate 25 basis poin menjadi 6,5 persen. BI juga mengendorkan aturan LTV dalam hal kredit kepemilikan rumah. Sentimen dari langkah Bank Indonesia ini, diperkirakan bakal direspon positif oleh pelaku pasar.

IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak dengan kisaran utama diantara support 4.800 dan resisten 4.830. Jika berhasil ditutup diatas 4.830, IHSG bakal mengakhiri trend turun yang saat ini sedang berlangsung, dan kembali membuka peluang untuk terus bergerak naik dalam trend jangka menengah IHSG yang memiliki potensi kenaikan hingga level 5.200.

Menanti Bursa Asia

Sebelumnya Isu Brexit berubah. Indeks Dow Jones Industrial yang di awal pergerakan sempat turun lebih dari 150 poin, akhirnya ditutup dengan kenaikan sebesar 92.93 poin. Tetapi posisi penutupan DJI belum mampu menembus resisten pertamanya.

Sehingga pasar terpaksa menanti signal positif di bursa kawasan Asia. Jika ada signal positif/penembusan resisten di bursa kawasan Asia, bisa jadi itu adalah awal dari trend naik yang baru pada bursa global. Sementara untuk IHSG resisten berada di level 4.830. Jika bisa ditutup di atas resisten itu, Maka IHSG berarti kembali dalam trend naik jangka pendek. Dow di suport, IHSG di suport, tinggal tunggu apakah trend naik yang baru bisa. [red]

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *