• Indonesia
Ide Bisnis Sayur Racikan, Solusi Penghemat Waktu Memasak
Peluang Usaha

Ide Bisnis Sayur Racikan, Solusi Penghemat Waktu Memasak

Pandemi Covid-19 masih belum dapat teratasi. Bahkan, di beberapa daerah, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kembali diperpanjang. Bersamaan dengan itu, kondisi perekonomian melemah. Beberapa orang mencariĀ ide bisnis sampingan. Salah satu yang potensial dalah bisnis sayur racikan.

Bisnis Sayur Racikan Hadir Sebagai Solusi

Produk ini merupakan solusi memasak cepat dan praktis. Konsumen hanya tinggal memasak bahan yang kesemuanya sudah dipotong dan dilengkapi bumbu. Tertarik memulai bisnis sayur racikan ini? Coba cek Keunggulan yang dapat ditonjolkan saat melakukan promosi, sebagai berikut.

1. Praktis dan Mudah

Sayuran racikan memang praktis dan memudahkan konsumen dalam menyajikan masakan. Biasanya hanya membutuhkan watu sekitar 10-15 menit saja dalam memasaknya. Hal ini disebabkan karena semua sayur sudah dicuci dan dipotong. Begitu juga dengan bumbu dan pelengkap yang sudah tersedia.

2. Siapapun Bisa Memasak

Keunggulan ini juga dapat ditonjolkan dalam promosi yang dilakukan. Dengan produk siap olah, siapa pun bisa memasak, bahkan menu yang rumit sekalipun. Sebab semua sudah tersedia dan siap olah. Konsumen hanya perlu mematangkan sesuai petunjuk saja.

3. Lebih Ekonomis

Sayur racikan menawarkan solusi memasak lebih ekonomis. Sebab, konsumen tidak perlu membeli bahan dalam jumlah banyak. Cukup membeli satu paket yang biasanya dapat dikonsumsi 2 hingga 4 orang.

Berbeda jika tanpa menggunakan sayur racikan. Terkadang untuk membuat seporsi capcay harus mengeluarkan uang lebih, tetapi pada akhirnya akan ada bahan yang tersisa. Jadi untuk masakan keluarga kecil, sayur racikan ini memang lebih ekonomis.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Sayur Racikan

Bisnis sayur racikan ini relatif mudah dalam memulainya. Pada awalnya, jenis masakan yang disediakan bisa disesuaikan dengan kondisi modal. Menyiapkan lima hingga sepuluh jenis masakan saja sudah cukup. Asalkan konsisten dan tekun, usaha ini dapat berkembang. Namun, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini.

1. Perhatikan Kualitas Bahan

Pelajari cara memilih sayuran yang baik. Selain itu, pelajari juga sifat masing-masing sayuran agar dapat menyimpannya dengan cara yang tepat. hal ini bertujuan untuk memastikan agar kualitas produk yang diterima konsumen tetap baik dan terjamin.

Adakalanya perlu menambahkan produk olahan, misalnya bakso, sosis, dan nugget pada paket capcay dan mie goreng. Jika tidak diproduksi sendiri, pastikan menggunakan yang berasal dari produsen terpercaya.

2. Rasa, Tetap yang Utama

Beberapa pelaku bisnis sayur racikan menggunakan bumbu instan dalam paket produknya. Hal ini disebabkan bumbu instan buatan pabrikan dinilai lebih praktis dan stabil rasanya. Akan tetapi, untuk menonjolkan nilai tambah, bumbu olahan sendiri akan memberikan ciri khas.

Hanya saja, jika menggunakan bumbu olahan sendiri, pastikan rasanya enak dan tidak berubah-ubah di setiap produksinya. Lebih baik tetapkan resep baku untuk menjaga rasa. Resep baku ini juga akan berguna jika suatu waktu nanti pembuatan bumbu dikerjakan oleh orang lain (karyawan).

3. Kemasan yang Menarik

Perlu diingat bahwa pesaing bisnis ini sudah pasti ada. Jadi, sebaiknya buat produk menjadi menonjol dan mengemasnya dengan baik, dilengkapi label yang unik. Pilih kemasan yang membuat pelanggan yakin bahwa produk dikemas secara higienis.

4. Gunakan Media Sosial Untuk Promosi

Hampir semua orang aktif di media sosial. Ini merupakan sara promosi mudah, murah, dan memiliki jagkauan luas. Jadi, tak ada salahnya mulai menambah pertemanan di media sosial secara tertarget. Jaga interaksi dengan target pasar, agar penawaran produk dapat tepat sasaran.

Demikianlah ide bisnis sayur racikan yang dapat dilakukan sebagai tambahan penghasilan. Asalkan ditekuni, bisnis ini dapat berkembang dengan baik. Kunci utama adalah menjaga mutu dan memperluas jaringan pemasaran.

You can share this post!

Comments