Kilang Minyak Cilacap Bakal Hasilkan Pertamax

imagesBalikpapan– PT Pertamina (Persero) telah menggandeng Saudi Aramco untuk melakukan upgrading kilang Cilacap. Upgrading ini secara keseluruhan ditargetkan selesai dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

Direktur Pengolahan Pertamina, Rahmad Hardadi menuturkan, kilang minyak di Cilacap ini nantinya tidak lagi akan menghasilkan BBM jenis Premium. Ditargetkan, kilang minyak Cilacap akan menghasilkan BBM jenis Pertamax.

“Kami yakinkan Proyek Langit Biru Cilacap selesai pertengahan tahun 2018. Dari awalnya dengan kapasitas 91 ribu premium RON 88 akan mengubah menjadi 91 ribu gasoline RON 92 atau Pertamax,” kata Rahmad di kompleks Refinery Unit V Pertamina Balikpapan, Kamis (9/6/2016).

Lantas, apakah kebijakan pengalihan jenis produksi ini mengindikasikan Pertamina akan menghapus Premium?

“Tidak, kami tidak akan meninggalkan masyarakat yang akan memakai premium,” jelas Rahmad.

Pertamina memastikan tetap akan memproduksi Premium untuk menjamin konsumsi masyarakat. Namun, alih fungsi kilang ini tetap akan dilakukan untuk menjamin ketersediaan pasokan bagi kendaraan duda empat yang saat butuh BBM dengan tingkat RON di atas 92.

Masyarakat pun dihimbau tak perlu khawatir dengan kemungkinan kelangkaan premium akibat kebijakan ini. “Tapi kalau untuk masyarakat yang memakai Premium, jangan khawatir bahwa premium akan kami hapus,” tukasnya.(red/oke)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *