Pencabutan Listrik Subsidi Tak Tepat Sasaran Ditargetkan Tahun Ini

ilustrasi

ilustrasi

Jakarta – Pemerintah memastikan pencabutan subsidi listrik yang tidak tepat sasaran segera diberlakukan tahun ini. Hal tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurut dia, usulan pencabutan subsidi listrik tersebut telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga dalam waktu dekat, Rapat Terbatas (Ratas) terkait kebijakan tersebut segera digelar di istana.

“Secara proses kita sudah menyampaikan ke pihak kantor presiden. Dan sedang menunggu jadwal ratas (Rapat Terbatas),” jelas Sudirman.

Adapun kapan rencana tersebut diterapkan, Sudirman masih enggan menyebutkan kapan pencabutan subsidi tersebut efektif diberlakukan. Namun, ia memastikan pencabutan subsidi listrik akan dilakukan pada tahun ini.

“Kan menunggu rapat, jadi saya enggak bisa sampaikan deadline, yang jelas harus tahun ini. Tapi, kita akan lihat timingnya (waktunya) supaya tidak memberatkan masyarakat,” kata dia.

Sebagai informasi, Kementerian ESDM telah menerima hasil verifikasi data pelanggan yang berhak mendapatkan subsidi listrik dengan daya 900 Volt Ampere (VA) beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data, dari 22,7 juta pelanggan yang menggunakan 900 VA, hanya sekitar 3,49 juta pelanggan yang layak menerima subsidi, artinya sekitar 18,76 juta pelanggan dalam waktu dekat segera dicabut subsidinya.(red/viva).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *