• Indonesia
Ingin Mendapatkan Modal UKM? Ikuti Tips Berikut
Artikel

Ingin Mendapatkan Modal UKM? Ikuti Tips Berikut

Ingin memulai usaha tapi bingung mendapatkan modal dari mana? jika iya, ada baiknya mulai mencari pinjaman modal usaha pemerintah karena ternyata memang mempunyai gerakan kewirausahaan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan Indonesia sehingga bisa membantu kemajuan perekonomian negara.

Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sangat strategis dalam pembangunan perekonomian nasional membuat pemerintah dan berbagai pihak lain menaruh perhatian lebih terhadap keberadaan maupun pengembangannya. Telah terbukti bahwa UKM mampu menyerap tenaga kerja dan tahan banting terhadap krisis Indonesia yang dialami beberapa tahun lalu.

Sebagai salah satu indikasi bahwa UKM telah banyak perhatian, baik dari pemerintah maupun pihak swasta, sekarang bisa melihat adanya berbagai jeni bantuan permodalan yang dikhususkan UKM. Sumber permodalan tersebut bisa berbentuk investasi, modal kerja maupun jenis bantuan permodalan lainnya. Lalu bagaimana cara mendapatkan modal usaha pemerintah? berikut tipsnya.

Buatlah Proposal Bisnis yang Menarik

Hal pertama yang dilakukan adalah membuat proposal dengan konsep dan tampilan yang menarik sehingga pemerintah tertarik untuk mempelajarinya. Setelah ituu, baru kirim proposal bisnis.

Jemput Bola

Jika ingin cepat mendapatkan modal usaha pemerintah, ada baiknya menggunakan metode jemput bola. Luangkan waktu mendatangi instansi pemerintah seperti dinas perindustrian dan perdagangan atau dinas kementerian koperasi dan UKM untuk menanyakan langsung dana hibah yang cocok untuk modal usaha.

Rajin Buka Situs Pemerintah

Selain itu, cara mudah mendapatkan modal usaha pemerintah dengan rajin mengunjungi pemerintah terkait. Misalnya situs milik dinas perindustrian dan perdagangan atau dinas kementerian koperasi dan juga dinas kementerian koperasi dan UKM. Di kedua situs tersebut, biasanya akan terpampang pengumuman hibah dari pemerintah.

Ikuti Pameran yang Diadakan Pemerintah

Biasanya, pemerintah rutin minimal setahun sekali mengadakan pameran untuk para UKM atau pebisnis. Event seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan modal usaha pemerintah. Apalagi jika banyak pejabat daerah yang datang ke stand pameran.

Ketika pihak pemerintah mengungjungi stand, itulah kesempatan untuk memperkenalkan produk dan jangan lupa sisipkan proposal untuk mendapatkan modal usaha pemerintah.

Mengajukan Kredit Usaha Rakyat

Bisa juga mengajukan bisnis ke Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri merupakan layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan pemerintah melalui bank kepada UKM atau koperasi yang feasible tapi belum banklable.

Pengolongan Usaha Menurut UU No.20 Tahun 2008

Kelas usaha yang pertama adalah mikro. Menurut UU No. 20 tahun 2008, bahwa yang tergolong dalam usaha mikro adalah sebutan bagi pengusaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) atau memiliki pendapatan maksimal Rp 300 juta setiap tahunnya.

You can share this post!

Comments