• Indonesia
Ingin Utang Cepat Lunas? Ikuti 5 Tips Ini
Keuangan

Ingin Utang Cepat Lunas? Ikuti 5 Tips Ini

Saat kekurangan dana, hal pertama yang biasa dilakukan, yaitu berutang. Utang bisa menyelamatkan Anda dari kebutuhan darurat, namun akan berakhir dengan tagihan. Jika berutang dalam jumlah yang sedikit, pelunasan terbilang cukup mudah dan cepat. Lain halnya jika Anda berutang dalam jumlah yang banyak. Anda mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasinya.

Menurut istilah akuntansi, utang merupakan kewajiban untuk membayar atas penggunaan atau pemanfaatan pembelian suatu barang atau jasa. Dengan kata lain, utang juga disebut sebagai sumber dana yang berasal dari orang lain. Oleh karena itu, utang tentu saja wajib untuk dibayar berapa pun jumlahnya.

Jika seseorang sudah terjerat utang, biasanya orang tersebut kesulitan untuk menghindarinya. Dengan demikian, utang akan semakin bertumpuk dan Anda kewalahan untuk melunasi semuanya. Alih-alih melunasi, Anda hanya gali lubang tutup lubang, dan hal tersebut tentu saja tidak baik bagi kesehatan keuangan Anda.

Alasan seseorang untuk berutang tentu berbeda-beda. Ada orang yang berutang karena kehilangan tulang punggung keluarga, kehilangan pekerjaan, tertimpa musibah, bisnis yang gagal, gaya hidup yang terlalu mewah, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pastikan Anda berutang karena kebutuhan yang benar-benar darurat, dan tidak disarankan untuk kebutuhan konsumtif.

Jika ingin utang segera lunas, ikuti lima tips ampuhnya berikut ini.

1. Mencatat Kembali Seluruh Utang yang Dimiliki

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mencatat kembali seluruh tagihan utang. Jangan lupa untuk mencatat tagihan masing-masing bunga pada setiap tagihan. Sebaiknya, Anda memprioritaskan utang yang memiliki suku bunga tinggi. Dengan demikian, Anda bisa mulai mengatur besaran uang yang harus dialokasikan untuk membayar utang.

Disarankan uang untuk membayar utang dipisahkan dengan dana untuk kebutuhan lainnya agar tidak tercampur aduk. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui persis berapa uang yang seharusnya dikeluarkan untuk membayar utang setiap bulannya.

2. Mengelola uang bulanan dengan baik

Jika sudah mengetahui berapa total utang yang harus dibayarkan, Anda harus mampu untuk mengalokasikan uang bulanan untuk pos tabungan, utang, dana darurat, dan lain-lain. Dengan mengatur keuangan seperti ini, Anda tidak akan mengambil uang dari jatah pos lain. Selain itu, disarankan untuk menyisihkan uang untuk tabungan terleih dahulu agar Anda memiliki pegangan uang.

3. Mencari penghasilan tambahan

Jika penghasilan Anda per bulannya belum mencukupi untuk membayar utang, carilah alternatif lain dengan mencari penghasilan tambahan. Anda bisa bekerja secara lepas atau paruh waktu di beberapa perusahaan. Gaji yang didapatkan dari pekerjaan tersebut nantinya diprioritaskan untuk membayar utang.

4. Memulai gaya hidup yang lebih hemat

Jika Anda adalah seorang yang selalu hidup mewah, mulailah terapkan gaya hidup yang lebih sederhana. Hal ini ditujukan tentu saja agar utang yang Anda miliki bisa dengan cepat dilunasi. Ada pun hal-hal yang bisa Anda ubah, yaitu berbelanja barang dengan harga yang lebih murah tetapi kualitas sama, mengurangi jajan di luar, membeli barang sesuai dengan kebutuhan, dan masih banyak lagi.

5. Menggunakan dana darurat

Jika tagihan sudah semakin membengkak dan Anda tidak memiliki pilihan lain, jalan satu-satunya adalah menggunakan dana darurat. Dana darurat tentu bisa menjadi penyelamat disaat tagihan sudah semakin mencekik. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyisihkan uang bulanan untuk dan ayang satu ini, ya!

Itulah lima tips agar utang segera lunas. Bijaklah dalam meminjam uang agar tagihan tidak semakin membengkak. Semoag bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments