• Indonesia
Ini Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan
Artikel

Ini Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan

Apa investasi syariah yang paling menguntungkan saat ini? Investasi syariah merupakan pilihan terbaik bagi umat muslim yang ingin berinvestasi tanpa perlu kehawatir dengan riba. Investasi menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk menyimpan hartanya dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil investasi tersebut.

Menginvestasikan harga bisa menjadi tabungan dan meningkatkan kekayaan dengan cara aman untuk masa depan bagi keluarga Anda. Sebagian orang yang beragama islam biasanya merasa ragu untuk melakukan investasi terkait dengan haramnya hukum riba bagi umat muslim.

Sebenarnya masyarakat tidak perlu takut dengan kondisi tersebut karena masih ada solusi cara berinvestasi secara halal dengan investasi syariah dan tetap menguntungkan. Semakin banyak umat muslim yang sadar tentang pentingnya sistem syariah diterpkan dalam berinvestasi.

Bahkan cukup banyak yang bukan beragama islam berinvestasi dengan sistem syariah. Apa saja keuntungan sistem bank syariah dengan bank konvensional?

1. Bebas Riba

Alasan utama umat muslim memilih investasi syariah adalah karena bebas riba. Praktik riba ini berhubungan dengan bunga yang ditetapkan secara sepihak oleh bank penyelenggara kepada para nasabahnya. Berbeda dengan bank syariah yang menerapkan sistem bagi hasil atau nisbah.

Besar keuntungannya yang didapatkan tidak pasti, namun biasanya keuntungannya lebih besar dari bunga bank. Misalnya perusahaan yang tidak melakukan riba, perusahaan yang produknya dijamin kehalalannya, perassaan yang tidak melakukan praktek perjudian atau perdagangan.

2. Bebas Gharar

Praktik Ghahar dalam perbankan adalah sistem yang tidak terbuka kepada nasabah bank untuk semua transaksi yang terjadi. Di sisi lain, bank syariah menerapkan sistem yang terbuka, baik pada saat penanaman modal maupun penyaluran dana. Dengan kata lain, nasabah tidak akan diberatkan dengan hal-hal yang tidak diketahui.

Dengan kata lain, nasabah tidak akan diberatkan dengan hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Selain itu, nasabah dapat melihat modal yang ditanamkannya secara terbuka.

3. Bebas Masyir

Nasabah terbebas dari adanya spekulasi. Sejeak awal, bank syariah menjelaskan pada nasabah mengenai harga sehingga tidak ada spekulasi mengenai harga yang harus dibayarkan. Ini untuk mencegah adanya celah bagi oknum yang ingin melakukan praktik penipuan.

4. Manajemen Keuangan Secara Islami

Semua proses keuangan di bank syariah berlandaskan syariat islam. Itulah alasannya megnapa para nasabah merasa lebih aman menitipkan uangnya di bank syariah. Selain itu, keuntungan yagn didapat dari hasil investasi terhitung cukup besar. Jadi tak heran jika saat ini banyak yang tertarik dengan investasi syariah paling menguntungkan.

You can share this post!

Comments