• Indonesia
Ini Perbedaan Reksa Dana dan Unit Link yang Mesti Anda Tahu
Investasi

Ini Perbedaan Reksa Dana dan Unit Link yang Mesti Anda Tahu

Banyak orang yang menganggap bahwa Unit Link dan Reksa dana adalah instrument investasi yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas dan bagi anda yang ingin berinvestasi diantara dua instrument ini, harus memahaminya secara detail. Berikut ini 8 perbedaan yang bisa dibedakan antara unit link dan juga reksa dana.

  1. Proses penempatan dana

Pada investasi unit link, investor akan membayarkan dana premi kepada perusahaan asuransi yang nantinya sebagian dananya ditempatkan sebagai dana investasi pada instrument yang dipilih. Kegiatan investasi ini akan dikelola oleh manajer investasi. Sedangkan pada investasi reksa dana, investor bisa langsung menempatkan dananya pada instrument investasi tertentu yang kemudian dikelola oleh manager investasi. Proses reksa dana ini tidak melalui perusahaan asuransi.

  1. Kebebasan investasi

Unit link memiliki kebijakan yang cukup mengikat dalam urusan jumlah dan waktu berinvestasi dibandingkan dengan reksa dana. Jumlah dana dan premi yang wajib dibayarkan setiap bulannya telah ditentukan sejak awal termasuk waktu pembayarannya sehingga jika terlambat membayar akan terkena konsekuensi tersendiri sesuai dengan kesepakatan awal. Sedangkan pada reksa dana, investor bisa menentukan jumlah dan waktu yang dipilih untuk berinvestasi.

  1. Kebebasan berganti manager investasi

Pada investasi Unit link, perjanjian yang dibuat akan sulit diubah dan bersifat tetap termsuk dalam pemilihan manajer investasi yang biasanya sudah ditetapkan dari perusahaan asuransi dan tidak bisa diganti-ganti oleh investor. Hal berbeda berlaku pada reksa dana yang memungkinkan investor bisa memilih dan mengganti manajer investasi dengan bebas dan suka hati. Bahkan penggantian manajer investais bisa dilakukan berkali-kali jika dirasa diperlukan.

  1. Biaya beli dan jual

Anda akan selalu dikenakan biaya sebesar 5% untuk kegiatan top up yang dilakukan pada investasi unit link. Ini berarti dana yang anda investasikan akan selalu terpotong sebanyak 5% oleh perusahaan asuransi. Bukan hanya itu, perusahaan asuransi akan memberikan perbedaan harga beli yang mereka miliki yang nantinya akan jadi fee bagi perusahaan tersebut. Sedangkan pada reksa dana, para investor bebas memberikan harga jual beli dan tidak akan dikenai biaya dan potongan apapun untuk aktifitas penjualan.

  1. Kemudahan pencairan

Jika anda menginginkan pencairan dana di Unit Link, maka prosesnya akan sedikit lebih rumit dibandingkan dengan reksa dana mengingat investasi ini adalah sumber dana premi asuransi. Jadi jika penariakn dilakukan biasanya akan mempengaruhi manfaat asuransi yang digunakan. Sedangkan pada reksa dana, hal ini tidak akan terjadi karena investor bebas melakukan penarikan sebagian atau keseluruhan dana investasinya dengan sangat mudah. Investor bisa datang ke agen penjual dan menjual reksa dana serta membeli secara online.

  1. Jumlah dana investasi minimum

Premi yang dikenakan oleh unit link bisa mencapai Rp350 ribu hingga Rp500 ribu. Tentu ini memberatkan para investor yang memiliki pendapatan pas-pasan sehingga banyak orang yang sulit berinvestasi di lini ini. Sedangkan pada reksa dana, ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan investor dengan kemampuannya yaitu mulai dari Rp100 ribu perbulannya dan juga pilihan lain sesuai dengan kesepakatan.

  1. Proses dan hasil yang didapatkan

Unit link memiliki manfaat asuransi di dalamnya yang ternyata berimbas pada manfaat investasi yang tidak maksimal terutama pada 5 tahun pertama investasi. Pada tahun pertama semua premi yang dibayarkan oleh nasabah ditempatkan sebagai biaya akuisisi oleh perusahaan asuransi sehigga tidak ada kegiatan investasi di tahun ini. Sedangkan pada reksa dana, investor bisa langsung menikmati hasil investasinya sejak dana mulai ditanmkan.

  1. Perlindungan investasi

Pada investasi unit link, ada manfaat asuransi di dalamnya sehingga nasabah akan terlindungi dengan berbagai manfaat asuransi yang dipilih sejak awal. Tentu hal ini tidak akan didapatkan pada lini reksa dana karena instrument ini berbentuk investasi murni tanpa manfaat lain yang didapatkan.

Sumber: cermati.com

You can share this post!

Comments