• Indonesia
Ini Strategi Bank Memasarkan Produknya
Artikel

Ini Strategi Bank Memasarkan Produknya

Memasarkan produk-produk memang merupakan bagian dari kegiatan bank yang bisa dibilang sangat penting. Hal ini akan menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan income untuk bank itu sendiri. Semakin banyak produk yang diminati oleh masyarakat, maka pastinya juga akan memberikan jumlah income perusahaan yang lebih besar pula.

Oleh karena sangat pentingnya, setiap bagian marketing bank harus benar-benar mengetahui strategi pemasaran bank yang tepat dengan harapan untuk mendapatkan kepercayaan dari para nasabah atau klien. Sebenarnya beberapa hal dari strategi ini memang tidka jauh berbeda dengan strategi pemasaran produk lainnya.

Hanya saja pada strategi pemasaran bank biasanya dilandaskan pada empat hal yang menadi bagian penting untuk mendukung maksimalnya strategi ini. Hal-hal yang dimaksud adalah produk, harga, lokasi dan juga promosi. Maksud dengan strategi produk adalah perangkat yang memang ditujukan untuk dijual dan dibeli oleh bank.

Dalam hal ini, bank bisa menciptakan produk-produk inovasti dan menarik sehingga bisa membaut para nasabah tertarik. Beberapa produk bank biasanya bisa berupa dana, kredit dan jasa-jasa lainnya. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat dan biasanya semakin beragam pilihan produk akan memudahkan nasabah untuk menentukan hal yang paling sesuai.

Sedangkan untuk hal yang ebrkaitan dengan strategi harga bisa diupayakan melalui penetapan harga yang rendah untuk simpanan dan pihak ketiga (DPK). Sedangkan untuk mengantisipasi adanya negative spread, pihak bank bisa mengupayakan biaya yang setinggi-tingnya untuk biaya kredit. Langkah ini merupakan solusi untuk mengimbangi biaya yang rendah untuk simpan pinjam.

Lokasi yang merupakan bagian penting dari strategi pemasaran ini dalam dunia perbankan, lokasi tersebut biasanya berupa kantor pusat, kantor cabang, cabang pembantu, kantor kas dan lain sebagainya. Sebagai lembaga yang menawarkan jasa, bank memang sangat membutuhkan fungsi kontrol untuk melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pada perdagangan jasa perbankan ini.

Dalam hal ini bisa dipertimbangkan berdasarkan pertimbangan-pertimabangan organisasi, wilayah dan lain-lain. Ketika produk, harga dan juga lokasi telah terpenuhi dan diperhatikan dengan baik, satu hal lagi yagn tidak kalah penting adalah promotion. Dalam hal promosi ini bank juga harus memperhatikan strategi yang tepat sehingga apa yang menjadi harapan lembaga bisa dicapai.

Setiap promosi yang telah disusun oleh lembaga harus diterapkan dengan maksimal dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Dalam dunia perbankan, ada hal-hal yang meliputi promotion mix, yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan juga penjualan perseorangan.

You can share this post!

Comments