• Indonesia
Inilah 5 Tips Agar Bisnis Toko Kelontong Laris Manis, Untung Berlipat!
Peluang Usaha

Inilah 5 Tips Agar Bisnis Toko Kelontong Laris Manis, Untung Berlipat!

Bisnis rumahan banyak dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Ada berbagai usaha yang bisa Anda lakukan, seperti berjualan online, memberikan les privat, berjualan kue, bahkan mendirikan toko kelontong atau sembako. Untuk memulai bisnis kelontong, Anda memerlukan modal yang tidak sedikit. Meskipun begitu, ada banyak keuntungan dengan mulai membangun usaha yang satu ini.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis kelontong di antaranya mampu menghasilkan keuntungan setiap hari, jan kerja yang lebih fleksible, bisa berinteraksi dengan tetangga dan orang-orang sekitar, hemat biaya sewa tempat, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini bisa dimanfaatkan dengan baik bagi Anda yang memiliki lahan atau tempat kosong di rumah atau dekat rumah Anda.

Saat ingin memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis kelontong berjalan lancar. Menurut Kathrina Ruth, seorang CEO The Kathrina Ruth Show, ada beberapa tips yang bisa dilakukan di antaranya tetap optimis, tidak terpengaruh oleh omongan orang lain, menentukan visi dan misi, bertanggung jawab, dan tidak terfokus hanya pada strategi, melainkan action.

Selain tips di atas, ada beberapa tips jitu yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis kelontong laris manis, yaitu sebagai berikut.

1. Lokasi yang strategis

Hal pertama yang harus Anda perhatikan, yaitu pemilihan lokasi. Hal ini tentu sangat penting agar bisnis kelontong And abisa dengan mudah diketahui orang banyak dan lebih mudah diakses. Oleh karena itu, pastikan lokasi bisnis Anda berada di tempat yang strategis, misalnya berada di pinggir jalan, berada di tengah-tengah komplek, dan lain sebagainya. Hindari gang-gang kecil karena hanya akan mempersulit akses calon pembeli.

2. Menata barang dagangan dengan rapi

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu menata barang-barang dagangan dengan rapi. Dagangan yang tersusun rapi pada etalase akan memberikan kesan menarik, sehingga hal ini bisa menarik perhatian calon pembeli. Anda bisa menatanya sesuai dengan jenis barang. Misalnya, meletakan produk jenis minuman di sebelah kiri, produk makanan di sebelah kanan, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan.

3. Memaksimalkan pelayanan

Pelayanan yang maksimal juga bisa mmeberikan keuntungan bagi Anda. Saat melayani calon pembeli, pastikan sapa senyum dilakukan. Dengan bersikap ramah da sopan, calon pembeli akan betah untuk berbelanja di toko kelontng Anda, dan hal seperti ini bisa tersebar melalui mulut ke mulut. Jangan sampai Anda bersikap arogan dan berkata kasar saat mengalami hal-hal yang kurang mengenakan, ya.

4. Promosi lewat media sosial

Mempromosikan bisnis kelontong Anda melalui media sosial tentu tidak ada salahnya. Hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang tau bahwa Anda membangun bisnis ini. Bahkan, Anda juga bisa membuka jasa delivery secara online, sehingga calon pembeli cukup duduk di rumah menunggu pesanan. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, tidak perlu dipaksakan.

5. Memberikan diskon

Dalam waktu-waktu tertentu, Anda bisa memberikan diskon pada pelanggan dan calon pembeli. Misalnya, pada saat Hari Kemerdekaan, Anda bisa memberikan diskon khusus barang-barang berwarna merah dan putih. Nominal diskon itu sendiri tidak perlu besar, yang penting pelanggan bisa menikmati layanan diskon yang diberikan.

Itulah lima tips agar bisnis kelontong berjalan dengan lancar. Pastikan Anda sudah memahami resiko dan keuntungan berbisnis kelontong agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments