• Indonesia
Inilah 6 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Pribadi
Keuangan

Inilah 6 Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Pribadi

Memiliki bisnis yang sukses tentu menjadi impian setiap pengusaha. Selain ketekunan, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis, yaitu cara mengelola keuangan. Keuangan menjadi hal yang sangat sensitif, apalagi jika sudah berbicara mengenai keuntungan dan kerugian. Dengan adanya pengelolaan uang yang baik, bisnis bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Mengelola bisnis pribadi cenderung lebih mudah dibandingkan dengan mengelola bisnis perusahaan. Yang perlu dilakukan, yaitu langkah-langkah seperti di bawah ini.

1. Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Agar pengelolaan keuangan bisnis menjadi lebih teratur, sebaiknya pisahakan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Jika keduanya disatukan, Anda tentu saja akan kesulitan dalam mengelola uang. Hal buruk yang terjadi, bisa saja uang bisnis terpakai untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga jatah uang bisnis bisa ludes.

Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan keuangan pribadi dengan bisnis agar Anda lebih mudah untuk dikelola. Gunakan uang rekening pribadi untuk kebutuha sehari-hari dan menabung. Menurut data NatWets, dari 750.000 individu, hanya setengahnya yang tidak pernah menabung setiap bulannya. Meskipun Anda pengusaha, jangan lupa untuk tetap menyisihkan uang, ya!

2. Membuat Perencanaan secara Umum

Setelah memisahkan rekening, hal lain yang perlu Anda lakukan, yaitu membuat perencanaan keuangan secara umum. Rencana tersebut mencangkup program kerja yang akan dilakukan selama kurang lebih satu periode panjang yang akan dikelompokan menjadi beberpa periode pendek, seperti mingguan hingga bulanan.

Setelah itu, Anda bisa membuat kalkulasi secara detail mengenai dana yang dibutuhkan untuk menunjang program kerja tersebut.

3. Membuat Perencanaan Pendapatan

Selain perencanaan umum, penting juga untuk membuat perencanaan pendapatan yang mana kebutuhan modalnya sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini bisa dimuai dengan membuat rencana bagaimana usaha bisnis Anda bisa menghasilkan pendapatan. Setelah itu, buatlah target penjualan, perencanaan produk yang akan dipasarkan, dan strategi pemasaran agar penjualan bisa menghasilkan keuntungan.

4. Membuat Catatan Proyeksi Arus Kas

Catatan proyeksi arus kas merupakan salah satu langkah yang cukup rumit untuk dilakukan karena memerlukan ketelitian saat pengawasan. Dengan membuat catatan proyeksi arus kas, Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki uang tunai atau tidak, kapan waktu untuk mengeluarkan uang, dan kapan akan menerima uang. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi saat terjadinya minus pada keungan bisnis Anda.

5. Membuat Anggaran secara Rutin

Anggaran bisa membantu Anda untuk membatasi efisiensi kinerja dan usaha pada bisnis. Dengan membuat anggaran, Anda bisa mengeluarkan dana sesuai dengan budget yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika anggaran untuk setiap periode sudah dirancang, Anda bisa membuat anggaran secara berkesinambungan.

6. Mengembangkan usaha dengan laba

Cara terakhir, yaitu mengembangkan usaha dengan laba. Cara yang satu ini merupakan hal yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha lainnya yang belum memiliki kemajuan dalam bisnisnya. Menggunakan hasil keuntungan untuk keperluan sehari-hari tentu saja sangat menggiurkan, namun sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini.

Gunakanlah sebagian keuntungan dari penjualan untuk mengembangkan usaha agar lebih maju. Semakin sering melakukan hal ini, semakin besar juga peluang bisnis Anda untuk berkembang, sehingga Anda bisa dikatakan sebagai pengusaha yang sukses.

Itulah enam cara mudah mengelola keungan bisnis pribadi. Mengelola keuangan tentu saja diperlukan ketelitian serta kedisiplinan yang tinggi, sehingga bisnis tetap bisa berjalan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

You can share this post!

Comments