• Indonesia
Inilah 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Membeli Rumah
Properti

Inilah 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pertama Kali Membeli Rumah

Setelah memiliki penghasilan, rumah menjadi salah satu kebutuhan prioritas bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, dengan memiliki rumah sendiri, Anda bisa merasa lebih nyaman ketimbang harus ngekost atau mengontrak. Namun, untuk memiliki rumah tentu saja tidak semudah m telapak tangan. Harga rumah dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, belum lagi lahannya yang cukup terbatas apalagi di perkotaan.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli rumah. Jika Anda terlalu tergesa-gesa, hasilnya kemungkinan akan mengecewakan. Saat ditemui di Kawasan Menteng pada hari Senin (10/9), Irvan Ariesdhana, Manager 99.co, berpendapat bahwa rumah pertama menjadi salah satu kunci untuk pembelian rumah selanjutnya.

Lalu, hal-hal apa saja yang seharusnya diperhatikan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memastikan Kondisi Keuangan Tetap Aman

Hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu kondisi keungan Anda. Dana merupakan salah satu persiapan awal dalam membeli rumah yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan begitu, pastikan dana untuk rumah sudah benar-benar tercukupi. Selain itu, pastikan juga dana untuk kebutuhan lainnya sudah terpenuhi. Jangan sampai dana yang Anda miliki habis untuk membeli rumah yang mana hanya akan membuat kondisi keuangan menjadi terganggu.

2. Menentukan Cara Pembelian Rumah

Setelah dana terkumpul, inilah saatnya untuk menentukan cara pembelian rumah. Pastikan apakah Anda akan membeli rumah secara tunai atau kredit. Jika dana yang terkumpul sudah sesuai dengan harga rumah incaran, Anda bisa membeli rumah secara tunai. Sebaliknya, jika dana yang dimiliki belum sesuai dengan harga rumah yang diinginkan, Anda bisa memilih opsi kredit.

Sistem kredit ini dikenal dengan sebutan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pilihlah jumlah cicilan per bulannya yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

3. Tidak Menunda-nunda Membeli Rumah

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda tidak menundanya saat dana sudah siap. Meskipun harus mengambil kredit, usahakan untuk mengambilnya karena harga rumah setiap tahunnya mengalami kenaikan. Jika Anda menundanya bahkan sampai bertahun-tahun, harga rumah kemungkinan tidak lagi sama seperti seperti tahun-tahun sebelumnya.

4. Menentukan Lokasi Rumah

Lokasi rumah merupakan hal yang wajib untuk dipertimbangkan. Sebisa mungkin, pilihlah lokasi rumah yang cukup strategis, yaitu tempat yang mudah diakses dari perkotaan untuk memudahkan aktivitas, seperti berangkat bekerja, kuliah, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, Anda tidak harus membeli rumah di pusat kota. Selagi mudah diakses, Anda bisa membeli rumah yang lokasinya tidak menyulitkan mobilitas sehari-hari.

5. Menentukan tipe rumah yang diinginkan

Saat memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda sudah mengetahui jenis atau tipe rumah seperti apa yang diinginkan. Namun, pastikan tipe rumah yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga. Misalnya, jika hanya terdiri atas empat anggota keluarga saja, Anda bisa memilih tipe rumah yang lebih kecil, begitupun sebaliknya.

6. Memilih Developer Terpercaya

Untuk menunjang kelancaran pembelian rumah, Anda harus memilih developer yang terpercaya. Pilihlah pengembang yang terjamin keamanannya serta pelayanan yang lengkap. Kerjasama yang baik tentu akan memperlancar proses pembelian rumah, mulai dari konsulatasi, pemilihan, transaksi, dan serah terima.

Itulah enam hal yang harus Anda pertimbangkan saat pertama kali membeli rumah. Selain itu, perhatikan juga syarat dan ketentuan dari pihak developer agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

You can share this post!

Comments