• Indonesia
Inilah Barang yang Paling Banyak Dicari Saat Covid-19 Melanda Indonesia
Berita

Inilah Barang yang Paling Banyak Dicari Saat Covid-19 Melanda Indonesia

Tiga bulan yang lalu, nama virus corona atau Covid-19 mulai dikenal di seluruh dunia karena menjangkiti puluhan ribu warga China tepatnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. Virus corona penyebarannya sangat cepat, sehingga berbagai belahan dunia seperti Korea, Jepang, Italia, Spanyol, Australia, Singapur, Malaysia, dan Indonesia menjadi korban keganasan dari virus ini.

Virus corona mulai diumumkan masuk ke Indonesia pada saat Presiden Joko Widodo menyatakan adanya dua orang WNI positif corona di awal bulan Maret 2020. Hal ini sontak mengejutkan masyarakat Indonesia, sehingga kewaspadaan mulai ditingkatkan, yaitu dengan menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan secara rutin, tidak mengunjungi keramaian, dan masih banyak lagi.

Tindakan pencegahan kemudian dilakukan serentak agar virus corona bisa segera diatasi dan tidak merenggut banyak korban jiwa. Dengan adanya kekhawatiran ini, masyarakat mulai mencari barang-barang yang dibutuhkan untuk menangkal virus corona. Apa sajakah itu? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Masker

Masker pada awalnya hanya digunakan untuk orang sakit saja. Namun, semenjak wabah ini merebak, masker menjadi incaran semua orang. Dengan adanya banyak permintaan, stok masker menjadi langka, sehingga harganya pun menjadi tidak masuk akal.

Masker awalna dihargai puluhan ribu saja untu satu boxnya. Sekarang, mendapatkan masker dengan harga yang murah sangatlah langka. Di toko online sendiri, harga masker sudah mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Ini tentu saja menjadi kepanikan tersendiri di tengah wabah virus corona yang sedang menggila.

2. Hand Sanitizer

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Kemenkes menganjurkan untuk senantiasa mencuci tangan sesaat setelah bersentuhan dengan orang lain atau benda mati. Mencuci tangan dengan sabun tentu akan lebih mudah dilakukan di rumah ketimbang di tempat umum.

Sebagai solusi alternatif, masyarakat mulai menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Namun, permintaan yang cukup banyak membuat stok barang yang satu ini menjadi langka. Kalaupun ada, masyarakat akan rebutan. Siapa cepat, dia dapat.

3. Sembako dan Suplemen Makanan

Pemerintah mengeluarkan aturan untuk tidak berkeliaran di luar rumah selama wabah ini masih ada. Oleh karena itu, masyarakat mulai panic buying dengan memborong berbagai jenis semabko, mulai dari makanan pokok, makanan ringan, rempah-rempah, dan masih banyak lagi.

Selain itu, masyarakat juga mulai membeli suplemen makanan berupa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap stabil.

4. Pembersih Lantai

Selain mencuci tangan, masyarakat Indonesia juga diharuskan untuk membersihkan seluruh rumah agar resiko buruk virus corona bisa diminimalisir. Pembersih lantai bisa dijadikan disinfektan untuk membunuh virus dan kuman yang menempel di lantai maupun benda-benda lainnya.

5. Tisu

Tisu juga menjadi barang incaran saat corona melanda. Selain digunakan untuk membersihkan barang-barang sekitar, tisu juga bisa dijadikan untuk penutup mulut dan hidung saat bersin. Ini dilakukan agar cairan doplet pada bersin tidak tersembur ke udara, sehingga orang lain tidak akan tertular.

6. ADP

ADP atau Alat Pelindung Badan sangat dibutuhkan petugas medis untuk menangani pasien-pasien virus corona. Seiring dengan bertambahnya kasus corona, ADP menjadi langka, sehingga di beberapa wilayah petugas medis terpaksa menggunakan alat seadanya, seperti jas hujan.

Itulah enam barang yang paling banyak dicari saat virus corona melanda. Tetap tenang dan tidak panic buying. Belilah barang secukupnya agar orang lain juga bisa mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

 

You can share this post!

Comments