• Indonesia
Investasi Ilegal Semakin Merajarela, Para Investor Harus Lebih Berhati-hati
Investasi

Investasi Ilegal Semakin Merajarela, Para Investor Harus Lebih Berhati-hati

Untuk mengantisipasi investasi ilegal, kini di buat 13 anggota satgas waspada investasi yang terdiri dari anggota kementrian dan lembaga. Di kutip dari Kontan.co.id, Jumat 25 Mei 2018 yang berisikan tentang produk dari investasi ilegal yang kini semakin merajarela dan tidak terkendalikan.

Pada hari Jumat 25 Mei 2018 kemarin para anggota dari satgas waspada investasi ini sudah melakukan penandatanganan dokumen kerjasama. Dimana kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk mencegah dan menangani dugaan kasus tindakan melawan hukum dalam bidang penghimpunan dana masyarakat serta tindakan melawan hukum dalam bidang pengelolaan investasi.

Pengadaan tim satgas ini juga karena bisnis investasi di Indonesia kini mulai berkembang pesat dan banyak para investor yang tidak tanggung-tanggung mengeluarkan uangny untuk dana investasi tersebut. Karena hal ini kemudian di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan yang berkedok investasi. Setelah korbannya lengah dan sudah memasukan sejumlah uang ke dalam program investasi palsu mereka lalu mereka kabur dengan uang tersebut.

Kasus seperti itu sudah bukan hal yang aneh lagi di kalangan investor Indonesia. Oleh karena itu karena kini semakin marak saja oknum yang melakukan penipuan dengan menggunakan kedok investasi menjadikan pihak dewan dan lembaga yang mengurusi tentang masalah investasi ini kemudian membentuk badan satgas waspada investasi.

Bahkan ketua dewan komisioner otoritas jasa keuangan, Wimboh Santoso menegaskan jika penandatangan kerjasama pada hari Jumat kemarin bertujuan untuk mencegah perkembangan investasi ilegal yang kini semakin banyak saja jumlahnya dan dengan produk yang berbeda-beda. Hal ini juga bertujuan untuk menyelamatkan para investor dari kerugian besar yang di sebabkan oleh investasi ilegal tersebut.

Isi perjanjian kerjasama tersebut kurang lebih tentang satgas waspada investasi yang berposisi sebagai forum koordinasi. Dimana di dalam forum ini nantinya akan membahas berbagai macam taktik yang di lakukan oleh para pelaku investasi ilegal. Setelah menemukan taktiknya kemudian para anggota satgas melakukan pencegahan serta penanganan terhadap kasus investasi ilegal tersebut.

Investasi ilegal memang bisa di katakan sebagai penyakit yang sangat susah di hilangkan dari kalangan masyarakat yang sudah terjun ke dalam investasi ilegal tersebut dan sudah di tetapkan sebagai pelaku dari investasi ilegal yang mereka lakukan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kenapa investasi ilegal kian menjamur di Indonesia.

Salah satunya adalah karena dengan menjalankan investasi ilegal ini para pelaku akan mendapatkan uang yang sangat banyak hanya dalam waktu yang singkat. Apalagi jika pelaku investasi ilegal ini pintar dalam berbicara sehingga akan semakin mudah mempengaruhi banyak orang untuk melakukan investasi di lembaga ilegal mereka.

Satgas waspada investasi sendiri terdiri dari 13 anggota. Dimana anggota tersebut berasal dari kementrian dan lembaga seperti Kemendag RI, OJK, Kementrian Koperasi dan UKM RI, Kominfo RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kejaksaan Republik Indonesia, Bank Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kemenag Republik Indonesia, Kemendagri RI, Kemenristek RI, Kemendikbud RI, dan yang terkahir adalah dari lembaga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Karena semakin banyaknya investasi ilegal ini Anda sebagai investor haruslah benar-benar memeriksa dahulu apakah lembaga investasi yang Anda gunakan benar-benar terpecaya atau tidak. Anda juga dapat cek tentang status perusahaan atau lembaga investasi yang Anda gunakan sudah terdaftar resmi atau belum. Semoga artikel ini bermanfaat.

You can share this post!

Comments